Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Kamis, 08 Desember 2022

Tekan Inflasi Melalui Operasi Pasar Murah


Lamongan, SNN.com - Mengatasi inflasi pada kebutuhan pokok terutama komoditas minyak goreng dan gula pasir, Pemerintah Kabupaten Lamongan melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Lamongan mengadakan operasi pasar yang dimulai pada bulan November dan berakhir Desember tahun ini.

"Kami adakan operasi pasar ini karena adanya kenaikan drastis dan kelangkaan komoditas kebutuhan pokok," tutur Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Lamongan Anang Taufik  saat ditemui Kamis (8/12) di Kantor Disperindag Lamongan.

 Anang menerangkan adanya operasi pasar ini dilakukan secara merata di 27 Kecamatan yang ada di Lamongan. Sampai saat ini sudah terlaksana di 23 titik Kecamatan. Sedang 4 Kecamatan yang belum meliputi Kecamatan Maduran, Kecamatan Sekaran, Kecamatan Turi, dan Kecamatan Kalitengah yang rencananya akan diadakan operasi pasa pada 10 Desember besok.

"Kami adakan operasi pasar secara menyeluruh di 27 Kecamatan. Saat ini mencapai 23 Kecamatan yang sudah, sisanya akan kami susul tanggal 10 besok,"  terang Anang.

Menyediakan 525 paket gula dan minyak pada setiap Kecamatan. Lamongan mendistribukan dengan harga 11 ribu per itemnya atau 1 paket berjumlah 44 ribu yang terdiri dari 2 Kg minyak goreng dan 2 Kg gula pasir. Pendistribusian kepada masyarakat ditetapkan dengan peraturan 1 ktp  dapat menebus 1 paket.

"Kami distribusikan dengan harga 11 ribu per itemnya atau satu paketnya 44 ribu yang berisi 2 Kg gula pasir dan 2 Kg minyak goreng," kata Anang.

Pada pungkasannya, Anang  menyampaikan bahwa kegiatan operasi pasar ini mendapat antusias besar dari masyarakat. Sehingga setiap pendistribusiannya selalu habis.

Disperindag Lamongan juga menyediakanaplikasi Sistem Informasi Pengumpulan Data Harga Pokok (SIPULDABAPOK) untuk menyajikan dan disebarluaskan data harga harian, yang kemudian data tersebut dapat dijadikan dasar pengendalian harga di Kabupaten Lamongan. Selain mengadakan operasi pasar, Disperindag Lamongan juga mengadakan program bantuan langsung tunai kepada para pedagang kaki lima di Lamongan. (Zainal A)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"