Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Rabu, 15 November 2023

Jelang Pemilu 2024, Polres Probolinggo Kota Gelar Patroli Gabungan Bersama TNI, KPU dan Bawaslu

Probolinggo, SNN.com - Jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di Kota Probolinggo, Polres Probolinggo Kota secara rutin melaksanakan kegiatan patroli kamtibmas. Patroli dilakukan di sejumlah kantor penyelenggara Pemilu, yakni Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Gudang Logistik KPU dan  Kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Kapolres Probolinggo Kota AKBP Wadi Sa’bani S.H. S.I.K. M.H mengungkapkan, kegiatan patroli itu dilakukan dalam rangka rangkaian kegiatan Operasi Mantap Brata Semeru 2023-2024. Langkah ini dilakukan dengan tujuan memberi rasa aman kepada penyelenggara Pemilu, sekaligus menciptakan pemeliharaan harkamtibmas.

“Hari ini, kami bersama Dandim 0820 Letkol Arm Heri Budiasto., S.I.P., M.H., M.Tr., para PJU Polres serta para anggota dari KPU dan Bawaslu melaksanakan kegiatan patroli ini dengan tujuan menjaga siskamtibmas di Kota Probolinggo agar tetap aman dan terkendali. Kita juga sempat mengecek personil pengamanan yang sedang melaksanakan penjagaan baik di Kantor KPU, Kantor Bawaslu serta gudang Logistik KPU,” kata Kapolres, Rabu (15/11/2023).

Kapolres mengatakan, anggota yang berpatroli tersebut masuk ke dalam Satuan Tugas (Satgas) Preventif Operasi Mantap Brata dan berperan penting dalam menjaga keamanan dan ketertiban. Sekaligus mencegah potensi gangguan yang dapat membahayakan integritas proses pemilu. Satgas berkoordinasi dan bekerja sama dengan pejabat KPU dan Bawaslu untuk mengatasi terkait masalah keamanan.

Mereka nantinya akan rutin lakukan patroli, mengingat pentingnya kepolisian yang proaktif. Dengan menjaga kehadiran yang kuat di lokasi-lokasi kritis, untuk mencegah terjadinya insiden yang tidak diinginkan. Langkah ini juga untuk menyukseskan pelaksanaan Pemilu yang aman, damai dan adil.

“Diharapkan  penyelenggara / KPU Kota Probolinggo untuk tidak segan - segan dalam menyampaikan informasi kepada petugas pengamanan baik Polri maupun Kodim karena apabila ada suatu permasalahan dalam tahapan pemilu kita dapta memberikan masukan maupun langkah-langkah pencegahan,” terang Kapolres.

Di samping itu lanjut dia, saat ini sudah terdapat beberapa anggota kepolisian yang ditugaskan untuk berjaga di Kantor KPU dan Bawaslu. Langkah tersebut untuk melakukan pengamanan setiap tahapan Pemilu pada 14 Februari 2024 mendatang. Selain untuk melakukan pengamanan tahapan pemilu, juga sebagai langkah antisipasi terhadap ancaman dan gangguan.

Sementara itu, Dandim 0820 Letkol Arm Heri Budiasto., S.I.P., M.H., M.Tr., dalam kegiatan ini menerangkan bahwa dalam penyelenggaraan pengamanan pemilu saat ini, semua elemen baik elemen pengamanan maupun elemen penyelenggara agar tetap melakukan sinergitas dan melakukan  komitmen dalam pengamananan pemilu. Hal tersebut bertujuan agar pelaksanaan Pemilu yang akan diselenggarakan pada awal tahun depan bisa berjalan dengan aman dan lancar. 

“Pada intinya kita semua mengharap dalam pemilu tahun 2024 ini situasi agar berjalan aman dan kondusif.” terangnya. (Arini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"