Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Sabtu, 24 Desember 2022

GEREJA DI KOTA SALATIGA DISTERILISASI, POLRI TURUNKAN ANJING PELACAK AGAR AMAN DARI BAHAN PELEDAK


SALATIGA, SNN.com - Kompleks gereja di Salatiga diperiksa keamanannya menjelang perayaan Natal.Kapolres Salatiga AKBP Indra Mardiana pimpin sterilisasi gereja.  

Gereja di Kota Salatiga disterilisasi oleh petugas kepolisian dengan menurunkan anjing pelacak dari unit K-9 Sat Samapta Polres Salatiga, Jumat (23/12/2022). 

Langkah ini untuk pengamanan gereja jelang perayaan Natal dari teror bahan peledak sebab anjing pelacak dari unit K-9 memang spesialis bahan peledak.
 
Kapolres Salatiga AKBP Indra Mardiana, yang turun langsung memimpin pelaksanaan sterilisasi menyatakan bahwa pelaksanaan sterilisasi atau pemeriksaan di gereja adalah sebagai bentuk pencegahan terhadap potensi tindak kejahatan, khususnya yang terkait dengan aksi terorisme dengan bahan peledak.

"Jadi sterilisasi ini adalah tindakan preventif dari aparat Kepolisian guna memastikan keamanan dan kenyamanan pada saat umat Kristiani melaksanakan Ibadah," tandas AKBP Indra Mardiana. 

Menurutnya seluruh gereja yang ada di Kota Salatiga telah ditempatkan personil untuk melaksanakan pengamanan. 

Sterilisasi ini sebagai bentuk dukungan untuk mewujudkan keamanan dan kenyamanan pada saat Perayaan Natal, dari hasil pemeriksaan dan sterilisasi Salatiga aman. 

"Potensi gangguan kamtibmas maupun aksi kejahatan yang dapat membahayakan jemaat yang akan melaksanakan ibadah tidak ada dan semuanya aman," kata Indra Mardiana. 

Sedangkan sasaran sterilisasi adalah benda mencurigakan dan dinilai membahayakan bagi keselamatan, selanjutnya gereja yang sudah disterilisasi kemudian pengamanannya diperketat baik oleh pengamanan pihak internal gereja maupun dari aparat kemananan yang telah diploting di gereja.

Polres Salatiga menerjunkan setidaknya 500 Personil untuk melaksanakan pengamanan Ibadah Nataru, dan juga dibantu dari rekan TNI, Satpol PP, dan Banser. Serta Ormas lainnya yang peduli terhadap Keamanan Kota Salatiga.

(snn.com-H.R.Alex/Humas Polres Salatiga)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"