Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Jumat, 03 Februari 2023

11 Desa Ikuti Kontes Durian Unggul Di Long Iram. Juara l Di Raih Rusli Pemilik Durian Si Tangkai Besi

Kutai Barat, SNN.com - Durian dengan nama Tangkai Besi menjadi pemenang Kontes Durian unggul Tahun 2023 yang digelar di halaman kantor Balai Penyuluh Pertanian (BPP) di Desa Sukomulyo Kecamatan Long Iram Kabupaten Kutai Barat (Kubar) Provinsi Kalimantan Timur Jumat (3/2/2023).

Rusli sang pemilik jenis durian Tangkai Besi asal kampung Long Iram Ilir ini mengaku bangga mendapat juara pertama setelah bersaing dengan jenis durian asli dari 11 Desa lainnya se Kecamatan Long Iram.

Duriannya, sebut dia, telah mendapatkan nilai tertinggi dari beberapa kriteria penilaian dari tim dewan juri, yaitu rasa, aroma, tekstur, ukuran dan ketebalan daging durian. Cita rasa manis dan legit menjadi keunggulan dari jenis Durian Tangkai Besi.

"Rasanya benar-benar manis, ketebalan memang hampir sama dengan yang lain tapi rasa tidak bisa dilawan," ujar Rusli pemenang kontes Durian unggul.

Menurut Rusli, Durian bernama Tangkai Besi ini berasal dari keturunan milik kakeknya yang sudah berusia sekitar 70an tahun dengan kemampuan satu pohonnya menghasilkan sekitar 300an buah durian. 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Pertanian Kubar Petrus, S.Hut, Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kubar Yuyun Diah Setiorini, Camat Long Iram Burhan, kasi Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat dan Pembangunan Yahwel, anggota DPR Kaltim Marthinus, Nanang Adriani, S.PKP., M.Si dan tamu undangan lainnya.

Peserta kontes Durian unggul tersebut menghadirkan 5 orang dewan juri yang di pimpin langsung oleh Nanang Adriani , S.PKP., M.Si.

Berikut daftar peserta pemenang kontes Durian unggul: Juara I di raih M.Rusli jenis Durian Tangkai Besi asal Kampung Long Iram Ilir. Juara II Rahmat jenis Durian Kai Bayan asal Kampung Long Iram Bayan. Juara III Hendra Efendi jenis Durian Tempukuq asal kampung Long Iram Ilir.

Selain memperebutkan juara I,II dan III, paniti juga memberikan juara harapan I diraih Alusia Hurai jenis Durian Pakaaq asal Kampung Long Daliq. Sedangkan harapan II atas nama Syarif jenis Durian Ratu Bayan asal Kampung Long Iram Bayan. Dan harapan III diraih Bahtiar Efendi jenis Durian Tangkai Besi meladuk asal Kampung Long Iram Ilir.
Masing-masing pemenang kontes Durian unggulan mendapatkan hadiah berupa Uang pembinaan, Trophy dan sertifikat.

Ketua panitia kontes Durian Unggul Decky Natalian, SP menyebutkan. Kontes ini dilaksanakan dalam rangka memperkenalkan mutu dan kualitas bahwa buah Durian unggul asal Kecamatan Long Iram ini memang sangat terkenal.

"Kontes Durian unggul ini kita  laksanakan bertepatan dengan musim Durian di Kecamatan Long Iram. Ada 11 desa/kampung se-Kecamatan Long Iram yang mengikuti kontes Durian unggul, " ujar Decky.

Decky menyebutkan, Dari 11 Kampung se Kecamatan Long Iram tidak semuanya bisa mengikuti kontes Durian ini lantaran ada beberapa kampung mereka tidak pada musim Durian.

“Ya tidak semua kampung yang ikut dalam kontes Durian ini karena ada beberapa kampung yang pohon Duriannya tidak berbuah. Untuk dewan juri sendiri kita mengambil dari beberapa orang yang memang memiliki keahlian dalam mencicipi cita rasa Durian dan sangat berpengalaman.

Sedangkan para peserta kontes. Panitia mewajibkan untuk membawa buah Durian andalannya masing-masing, “ ucap ketua panitia kontes Durian unggul Decky Natalian, SP.

Decky menjelaskan bahwa buah Durian asal Long Iram ini memang sangat terkenal baik di Kutai Barat sendiri sampai keluar daerah, sehingga tidak jarang para penjual buah Durian dari luar sering mencatut nama Long Iram meski buah yang mereka jual bukan berasal dari Long Iram.

Dengan adanya kontes Durian yang di gelar pada hari ini Decky mengharapkan kepada masyarakat agar bisa datang ke Long Iram jika ingin menikmati cita rasa buah Durian asal Long Iram yang memiliki rasa sangat nikmat dan tidak diragukian lagi.

Reporter : Johansyah
Editor      : Wafa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"