Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Jumat, 26 Mei 2023

Wabup Timbul Buka Sosialisasi Penguatan Kelembagaan Dharma Wanita Persatuan

Probolinggo, SNN.com - Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs HA Timbul Prihanjoko selaku Ketua Dewan Penasehat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Probolinggo membuka sosialisasi penguatan kelembagaan bagi pengurus dan anggota DWP se-Kabupaten Probolinggo di Auditorium Madakaripura Kantor Bupati Probolinggo, Jum’at (26/5/2023).

Kegiatan yang diikuti oleh 340 orang peserta terdiri pengurus dan anggota DWP Kabupaten Probolinggo serta Ketua DWP Unsur Pelaksana di setiap OPD ini dihadiri oleh Ketua TP PKK Kabupaten Probolinggo Hj Nunung Timbul Prihanjoko selaku Penasehat DWP Kabupaten Probolinggo, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo Ugas Irwanto selaku Penasehat DWP Sekretariat Daerah Kabupaten Probolinggo dan Ketua DWP Kabupaten Probolinggo Rita Erik Susanti Ugas Irwanto.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo Ugas Irwanto menyampaikan DWP ini merupakan organisasi dari istri seorang ASN yang tujuan utamanya supaya istri ini betul-betul ada peningkatan kualitasnya. Dimanapun suami ditugaskan, maka istri harus bisa menyesuaikan karena hal itu merupakan sebuah tuntutan.

“Tanggung jawab dari DWP bagaimana istri dari ASN ini bisa mengimbangi dan bisa memberikan kontribusi berupa saran-saran dan masukan. Namun memang tidak semuanya urusan kantor dicampuri. Tetapi ada satu hal bahwa suksesnya seorang suami itu memang tidak terlepas dari istri yang hebat,” ujarnya.

Sekda Ugas menegaskan dari do’a-do’a seorang istri yang sabar menunggu itu diharapkan bisa menjadi tempat curhatan seorang suami. Memang kadangkala perjalanan karir seorang suami tidak sesuai yang dikehendaki.

“Disinilah peran istri untuk memberikan dorongan dan motivasi kepada suami agar terus semangat. Melalui Dharma Wanita Persatuan ini marilah kita jaga kekompakan dan kebersamaan. Semakin kita kompak, maka apa yang menjadi cita-cita bersama akan tercapai. Sebab kekompakan itu sangat penting,” tegasnya.

Sementara Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs HA Timbul Prihanjoko menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya sosialisasi penguatan kelembagaan Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Probolinggo. Semoga kegiatan ini dapat semakin mempererat jalinan silaturahmi dan menegaskan eksistensi Dharma Wanita Persatuan dalam mendukung pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Probolinggo.

“Sebagaimana kita ketahui bahwa Dharma Wanita Persatuan adalah salah satu organisasi perempuan terbesar di Indonesia yang berperan aktif dan strategis dalam pembangunan daerah dan nasional. Potensi Dharma Wanita menjadi kekuatan yang patut diperhitungkan untuk memberikan kontribusi penuh dalam menyukseskan program pemerintah,” katanya.

Menurut Wabup Timbul, peran serta dan partisipasi anggota Dharma Wanita Persatuan sebagai istri dari Aparatur Sipil Negera (ASN) sangatlah penting dalam membantu pelaksanaan program-program pemerintah. Anggota Dharma Wanita juga berperan penting dalam menunjang tugas suami sebagai ASN. Tidak ada suami yang hebat tanpa didampingi serta peran dari seorang istri yang hebat.

“Sebagai istri seorang ASN, anggota Dharma Wanita harus dapat menjadi penyeimbang dan mendukung suami dalam pelaksanaan tugas serta ikut berperan sebagai motivator. Selain itu, sebagai seorang istri pendamping suami, juga mempunyai peran seorang ibu yang mendidik anak-anak supaya berhasil dan berpotensi menjadi anak yang saleh/salehah, sehingga dapat menjadi teladan bagi masyarakat,” jelasnya.

Lebih lanjut Wabup Timbul menegaskan peran strategis perempuan dalam aspek pembangunan semakin meningkat. Kaum perempuan hendaknya bisa mengaktualisasikan dirinya dalam banyak hal sesuai dengan program prioritas pembangunan. Untuk itu, program peningkatan kualitas dan pengembangan wawasan untuk pengurus dan anggota Dharma Wanita Persatuan harus terus ditingkatkan lagi.

“Saya menghimbau kepada segenap pengurus dan anggota Dharma Wanita Persatuan senantiasa meningkatkan kepekaan atas isu–isu sosial di masyarakat agar dapat menyusun program yang dapat mengatasi permasalahan yang masih kita hadapi seperti penurunan angka stunting, peningkatan taraf pendidikan dan penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Probolinggo,” tegasnya.

Wabup Timbul mengharapkan Dharma Wanita Persatuan dapat memberikan kontribusi dan memiliki komitmen dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat serta ikut andil dalam membantu mengembangkan dan mempromosikan produk unggulan UMKM dalam meningkatkan masyarakat produktif, berdaya saing dalam ekonomi kreatif dan bidang pariwisata.

“Kepada seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah, selaku Pembina Dharma Wanita Persatuan agar senantiasa memberikan dukungan, melakukan pembinaan dan kerja sama yang baik serta memberikan arahan untuk kemajuan Dharma Wanita Persatuan di Kabupaten Probolinggo,” pungkasnya. (Fabil)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"