Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Jumat, 26 Mei 2023

Dinsos P 3A Blora Membuat Makanan di Desa Kepoh

BLORA, SNN.com - Bekerjasama dengan Dinas P3AP2KB Provinsi Jawa Tengah,  Dinsos P3A Kabupaten Blora gelar Pelatihan Peningkatan Produktifitas Ekonomi Perempuan (PPEP), di  Desa Kepoh,  Kecamatan Jati. Yakni,  membuat makanan olahan berbahan baku jagung. 
 
Pelatihan yang dilaksanakan selama dua hari itu (25-26 Mei 2023)  itu, merupakan kegiatan lanjutan dari pelatihan Tahap I beberapa waktu lalu. Dimana hasil pelatihan I  itu, saat dilakukan pemetaan kebutuhan dan potensi lokal, diperoleh hasil  bahwa di wilayah Desa Kepoh terdapat potensi bahan baku jagung.  
 
Sebanyak  20 orang perempuan yang terdaftar di DTKS ikut di kegiatan dengan  fasilitator pelatihan dari Yayasan Satu Karsa Karya Surakarta. Mereka, para peserta diajarkan pembuatan tepung jagung , mie jagung serta keripik jagung (tortilla).
 
Dijelaskan, Kepala Dinsos P3A Blora, Dra. Indah Purwaningsih, M.Si, dengan adanya  pelatihan tersebut diharapkan bahan lokal yang selama ini hanya diolah menjadi nasi jagung bisa dikembangkan inovasi menjadi bahan pangan yang mempunyai daya laku di pasaran.
‘’Dengan kegiatan ini diharapkan dapat menambah keterampilan perempuan di Desa Kepoh sehingga dapat meningkatkan penghasilan keluarga. Dampaknya  dapat mengentaskan kemiskinan di desa setempat,  yang   merupakan salah satu desa dengan status Kemiskinan Ekstrim,’’ jelas  Dra. Indah Purwaningsih.
 
Disampaikan,  peserta akan dibagi menjadi 3 kelompok, dimana nantinya  akan mendapat bantuan sejumlah peralatan untuk pembuatan olahan berbahan dasar jagung. Seperti  blender, oven listrik, kompor, panci dan sejumlah alat lain.

Reporter : Lukman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"