Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Sabtu, 03 Desember 2022

Simak Ulasan Wakapolres Lumajang Saat Pimpin Safari Jum'at di Desa Sawaran Lor


Lumajang, SNN.com - Kepolisian Resor Lumajang Jawa Timur, terus mengintensifkan giat Safari Jum'at hingga saat ini, Jum'at (2/12/2022) siang.

Kali ini berkenaan di Desa Sawaran Lor Kecamatan Klakah, dipimpin Wakapolres Lumajang Kompol Andi Febrianto Ali S.E, kegiatan dilakukan dengan disertai pembagian sticker imbauan kamtibmas.

Berkesempatan naik diatas mimbar Sholat Jum'at, Kompol Andi dihadapan ribuan jama'ah mengimbau, agar masyarakat terus saling kompak, berpegangan erat satu dengan lain, mencerminkan hidup rukun dan tentram.

Ia menjelaskan, kegiatan kala itu merupakan kegiatan rutin dari Polres Lumajang, untuk bertatap muka dan bersilaturahmi dengan masyarakat.

"Selain itu juga untuk memberikan imbauan kamtibmas, maupun menerima saran, maupun masukan dari masyarakat, guna menciptakan kenyamanan di wilayah Kabupaten Lumajang," ucap Wakapolres.

Selebihnya, Wakapolres menyinggung tiga pilar desa yaitu Kades, Bhabinkamtibmas dan Babinsa. Yang menurutnya menjadi ujung tombak dalam memberikan imbauan, maupun sebagai penengah dalam setiap permasalahan di tingkat desa.

"Perlu juga adanya di balai desa itu difasilitasi ruangan untuk Bhabinkamtibmas dan Babinsa, sebagai ruangan untuk musyawarah dalam penyelesaian masalah secara kekeluargaan yang adil tanpa harus dibawa ke ranah hukum. Namun apabila tidak dapat diselesaikan secara adil dapat dilaporkan secara hukum," tukas Wakapolres mengedukasi.

Disisi lain, Perwira Menengah Polri berpangkat satu melati emas dipundaknya itu, meminta masyarakat untuk sedianya sadar, akan pencegahan terjadinya aksi kriminalitas itu sendiri. Diimbau juga oleh Wakapolres, agar turut mempersempit ruang gerak para pelaku kejahatan itu sendiri.

"Dan juga, kami memohon kepada para Tomas, Toga dan Toda di Wil Desa Sawaran Lor, untuk ikut serta membantu tugas Polri dalam menciptakan situasi yang aman dan kondusif," ujar Wakapolres.

Perihal kerukunan antar umat beragama dan pemahaman akan Bhineka Tunggal Ika, tak luput juda menjadi ulasan Wakapolres saat itu. Bahkan program Polres Lumajang dalam mempercepat sistem pelaporan melalui 'KANDANI' juga diulas lebih matang.

Diwaktu yang sama Kades Sawaran Lor Didik Hermanto mengapresiasi langkah Polres Lumajang, melalui kegiatan safari Jum'at.

"Saya ucapkan sangat terimakasih pada Kapolres Lumajang yang telah memerintahkan Wakapolres beserta jajarannya, untuk turun ke desa - desa dalam rangka kegiatan safari Jum'at. Ini sangat bermanfaat bagi kami, harapan ke depan, kegiatan ini akan terus berkelanjutan," pungkas Kades.

Sebagai Informasi, dalam kegiatan Wakapolres Lumajang didampingi Kasat Binmas Polres Lumajang bersama anggota, berikut turut andil didalamnya jajaran Forkopimcam Klakah, pemerintahan desa, dan semua unsur lapisan masyarakat tergabung dalam jama'ah sholat Jum'at. (Arini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"