Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Selasa, 16 Mei 2023

Lestarikan Hutan Mangrove, Kodim Probolinggo Tanam Bibit Mangrove

Probolinggo, SNN.com - Dalam rangka melestarikan hutan mangrove di wilayah binaannya, Kodim 0820/Probolinggo bersama dengan jajaran forkompinda Kabupaten Probolinggo dan PT PLN Nusantara Power (PLTU Paiton) melakukan penanaman bibit mangrove di pesisir Pantai Bohay Desa Binor Kecamatan Paiton Kabupaten Probolinggo, Senin (15/5).

Dandim 0820/Probolinggo Letkol Arm Heri Budiasto dalam rilisnya mengatakan bahwa kegiatan tersebut dalam rangka pelestarian hutan mangrove, Ada ribuan bibit mangrove yang kami tanam dengan harapan dapat menjaga wilayah pantai dari abrasi.

"Kami berharap bibit mangrove ini dapat berkembang biak dengan baik sehingga dapat mengantisipasi terjadinya abrasi, Kami minta kepada seluruh yang terlibat dalam kegiatan penanaman mangrove agar dapat menjaga dengan baik perkembangan bibit yang kita tanam ini sehingga kita semua dapat berpartisipasi dalam menjaga kelestarian hutan mangrove," kata Letkol Arm Heri Budiasto.

Dandim menambahkan penanaman pohon mangrove sangat penting sebagai penjaga pantai dari abrasi, ini sebagai langkah awal kepedulian kita bersama dalam membantu melestarikan lingkungan hidup agar manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat khususnya untuk generasi mendatang.

"Salah satu tujuan penanaman mangrove selain untuk melindungi garis pantai dari abrasi atau pengikisan juga untuk meredam gelombang besar serta melindungi ekosistem yang ada di dalamnya,"ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut perwira abituren 2002 ini juga mengajak kepada seluruh masyarakat untuk meningkatkan kesadaran dengan ikut serta menjaga dan merawat tanaman mangrove yang sudah di tanam.

"Setiap individu harus bisa menjaga lingkungan tanpa merusaknya sehingga lingkungan tersebut pada akhirnya akan kembali memberikan manfaatnya bagi kita semua,"tegasnya.

Untuk diketahui dalam puncak penanaman mangrove nasional secara serentak jajaran TNI seluruh indonesia dengan tema mangrove for better life tersebut disaksikan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo lewat zoom meeting.

Dandim 0820 mengucapkan terima kasih kepada Forkopimda Kabupaten Probolinggo dan juga pihak PT PLN Nusantara Power atas kerjasama dan suportnya dalam kegiatan penanaman Mangrove secara Nasional yang langsung Disaksikan oleh Presiden RI Ir H. Joko Widodo. (pendim0820)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"