Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Selasa, 16 Mei 2023

Rumah Curhat Polisi Ada Di Kubar. Kapolres AKBP Heri Rusyaman: Bangun Kemitraan Anggota Polri dan Masyarakat

Kutai Barat, SNN.com – Kepolisian Resor (Polres) Kabupaten Kutai Barat (Kubar) provinsi Kalimantan Timur melaunching Rumah Curhat Polisi atau Polisi RW. (di Kutai Barat dengan sebutan RT sebab RW belum terbentuk).

Polisi RW merupakan program Kabaharkam Polri sebagai wujud pembinaan masyarakat (Binmas) prediktif yang merupakan bentuk integalitas semua fungsi pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas) dalam mengemban tugas sebagai pengemban Polmas dalam komunitas RW.

Launching Polisi RW perdana ini secara resmi dipimpin langsung Kapolres Kubar AKBP Heri Rusyaman, S.I.K., M.H., dihadiri Forkopimda, PJU dan Perwira Polres Kubar, Danramil dan Camat se Kutai Barat serta seluruh Personel Polres Kubar berlangsung di Taman Budaya Sendawar (TBS) di Barong Tongkok, Selasa (16/5/2023).

Dalam kegiatan tersebut, sebanyak 64 aparat keamanan ditetapkan sebagai Polisi RW yang akan bertugas diseluruh Kabupaten Kutai Barat untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

AKBP Heri Rusyaman menyebut. Polisi RW hadir untuk melindungi masyarakat di tengah lingkungan tempat tinggal di masing RW/RT.

“Kegiatan ini untuk mengajak Masyarakat melalui Kemitraan Anggota Polri dan Masyarakat, sehingga mampu mendeteksi & mengidentifikasi permasalahan. Kegiatan ini juga dapat mendekatkan anggota polri dengan masyarakat” kata Kapolres Kubar.
Ia menambahkan. Nantinya, Polisi RW akan berkoordinasi dengan para ketua RW/RT dan Babinkamtibmas, dan mewajibkan para Polisi RW/RT ini untuk turun langsung ke lapangan minimal satu kali dalam sepekan.

“Kami hadir untuk bersama-sama dengan masyarakat memecahkan berbagai permasalahan yang ada di tengah-tengah masyarakat. Apapun itu, baik itu masalah adanya dugaan kriminalitas, kemudian gangguan kamtibmas lainnya, atau masalah antar tetangga mungkin yang bisa diselesaikan dengan musyawarah. Di situ kehadiran kami sebagai fasilitator,” ungkapnya.

“Dari kegiatan ini juga diharapkan dapat membawa manfaat bagi seluruh masyarakat di kabupaten Kubar,” pungkas Kapolres Kutai Barat AKBP Heri Rusyaman, S.I.K., M.H.

Reporter : Johansyah.
Editor      : Wafa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"