Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Selasa, 26 Maret 2024

Respon Cepat Babinsa Koramil 0812/13 Sugio Bersama Dinas Terkait Terjun Langsung Evakuasi Pohon Tumbang

Lamongan, SNN.com - Telah terjadi pohon tumbang dikarenakan tiupan angin kencang dan juga karena pohon tersebut sudah lapuk dimakan usia. Kejadian itu terjadi di BP Muhammadiyah Jalan Poros di Dusun Guyangan Desa Sekarbagus Kecamatan Sugio Kabupaten Lamongan, Selasa (26/03/2024).

Beruntung saat terjadinya pohon tumbang tidak ada masyarakat yang sedang melintas, sehingga tidak menimbulkan korban jiwa. Namun, tumbangnya pohon tersebut menimpa kabel listrik sehingga mengakibatkan terputusnya aliran listrik.

Serda Anang Budianto yang merupakan Bintara Pembina Desa (Babinsa) di daerah lokasi tumbangnya pohon, begitu mendapat informasi langsung melakukan gerak cepat dengan mendatangi lokasi guna membantu evakuasi pohon tumbang tersebut. Dirinya berkoordinasi dengan Dinas PU, Kepolisian dan Dinas Lingkungan Hidup untuk melaksanakan evakuasi.

Setelah melaksanakan evakuasi, Serda Anang Budianto menyampaikan bahwa dengan kecepatan penanganan bencana yang dilakukannya bersama Dinas terkait dan masyarakat seperti ini, kerugian akan dapat diminimalisir, apalagi pohon tumbang ini menimpa badan jalan. Untuk itu harus segera dilakukan pembersihan agar lalu lintas bisa kembali berjalan normal. 

“Dengan adanya kejadian ini, kami selaku Babinsa harus bergerak cepat membantu evakuasi dan mengajak unsur terkait seperti Dinas PU, Kepolisian, Dinas LH maupun BPBD serta masyarakat untuk membersihkan pohon tumbang tersebut.Karena pohon tumbang terjadi di badan jalan, dan menimpa kabel listrik sehingga mengganggu pengguna jalan dan dijhawatirkan terjadi konsleting"ujarnya.

Sementara itu, Danramil 0812/13 Sugio Kapten Cku Yanto Budi Utomo mengatakan bahwa masyarakat harus selalu berhati hati tethadap setiap ancaman bencana yang bisa saja terjadi.

"Bencana Alam yang perlu diantisipasi diantaranya banjir, tanah longsor maupun pohon tumbang yang dapat menyebabkan kerugian materiil bahkan korban jiwa".ujarnya.(Pendim 0812).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"