Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Sabtu, 24 Desember 2022

Cegah Abrasi Pantai, Sertu Subiyanto Bersama Warga Randu Tatah Bangun Tanggul Pemecah Ombak


Probolinggo, SNN.com - Sertu Subiyanto Anggota Babinsa Koramil 0820/ 16 Paiton bersama puluhan masyarakat Desa Binaanya melaksanakan kegiatan karya bakti Melaksanakan pembuatan Penangkal Ombak di Pantai Randu tatah. Kegiatan berlokasi di Desa Randu Tatah Kecamatan Paiton Kabupaten Probolinggo,Jumat (23-12-2022).

Terkait kegiatan perbaikan tanggul pada pagi hari ini, Sertu Subiyanto menjelaskan bahwa, pembuatan tanggul pemecah ombak yang di buat kali ini sebagai pengganti tanggul yang jebol akibat terjangan ombak. Jebolnya pemecah ombak yang lama dikarenakan terbuat dari tumpukan karung yang di isi pasir dan diperkuat oleh patok bambu ,sehingga tidak terlalu kokoh untuk menahan terjangan ombakpantai.

Dalam kesempatan tersebut Subiyanto mengatakan, bahwa kegiatan perbaikan tanggul yang melibatkan warga desa setempat kali ini di buat permanen, diharapkan mampu dan tahan mengahadapi terjangan ombak sehingga ekosistem pantai tidak rusak. Jika dibiarkan dalam kondisi seperti ini ekosistem pantai akan rusak karna ombak akan membawa batu dan material ke laut  sehingga lambat laun akan pantai akan terkikis ombak dan hilang.

Ia juga mengatakan, peristiwa tanggul jebol di lokasi ini sudah berulangkali terjadi, hingga menimbulkan kekhawatiran warga jika tanggul tidak segera diperbaiki, maka kemungkinan akan menambah parah dan semakin melebar kerusakannya. Pasalnya, selama hampir sepekan ini curah hujan cukup tinggi di wilayah Kecamatan Paiton.

“ Untuk kedepan kami dari Koramil 0820/ 16 Paiton melalui babinsa akan terus memantau dan mewaspadai perkembangan kondisi tanggul sepanjang garis pantai Randu tatah.” ujar Subiyanto.

Sementara itu Rohimat, warga  desa Randu Tatah  yang juga berada dilokasi itu menuturkan bahwa mengapresiasi apa yang di lakukan oleh anggota TNI dari Koramil Paiton yang peduli dengan kondisi ini. Meskipun perbaikan untuk saat ini belom sempurna, tapi setidaknya bisa menahan terjangan ombak yang menimbulkan abrasi di mulut pantai.

"Kami dan seluruh warga masyarakat Desa Randu Tatah merasa terbantu terkait memperbaiki tanggul yang jebol, sehingga tidak terjadi kerusakan yang lebih parah Pantai Randu tatah," ujar Rohimat.(Pendim0820)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"