Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Minggu, 11 Desember 2022

SRI RADYA KERATON SUMEDANG LARANG (DK3) HADIRI ACARA FESTIVAL ADAT BUDAYA NUSANTARA II


MAGELANG, SNN.com – Sri Radya Keraton Sumedang Larang (DK3) menghadiri acara Pagelaran Festival Adat Budaya Nusantara II yang di laksanakan oleh Masyarakat Adat Nusantara (Matra) di Pelataran Lumbini, Komplek Candi Borobudur, Jumat (9/12/2022) lalu.

Sebanyak 264 kerajaan dan lembaga adat dari sabang sampai merauke hadir serta mengenakan pakaian adat masing-masing yang menggambarkan kekayaan budaya tanah air Indonesia.

Demikian juga Sri Radya Keraton Sumedang Larang (DK3) RHI Lukman Soemardisoria yang tampak hadir dalam acara tersebut mengenakan pakaian kebesarannya.

Budaya merupakan warisan peradaban suatu bangsa. Bangsa yang beradab adalah rakyatnya yang berwawasan dan berilmu.

Melalui budaya, akan lahir tenaga-tenaga ahli yang mumpuni di bidangnya. Tak ada seni ukur kalau tidak ada budaya, tidak ada saling hormat menghormati, saling menyayangi, saling menolong, saling gotong royong kalau tidak memelihara dan membudidayakan budaya, tidak ada olah Kanuragan, pencak silat kalau tidak ada budaya, tidak ada arsitek handal kalau tidak berbudaya, tak ada persatuan dan kerukunan kalau tidak ada budaya. SILIH WAWANGI, SILIH ASAH, ASIH DAN ASUH.


Sri Radya selaku sesepuh budaya dan Negara berharap agar seluruh elemen rakyat dan negara untuk merawat, menjaga dan mengembangkan budaya.

“Indonesia bersatu, rukun dan damai dengan budaya. Indonesia akan aman dengan kokohnya budaya yang menjadi dasar budi pekerti baik menjadikan Negara Indonesia ini maju sejahtera, rukun dan damai. Semoga negeri ini di lindungi Tuhan yang Maha Esa. Amin Ya Rabbal Alamin,” tutur Sri Radya

Reporter : H. R. Alex

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"