Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Jumat, 19 Mei 2023

Habib Hadi Wali Kota Probolinggo Berharap Polisi RW Bangun Interaksi Positif Dengan Masyarakat

Probolinggo, SNN.com - Inovasi bidang pelayanan publik kembali diluncurkan Polres Probolinggo Kota. Jumat (19/5) pagi, Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin bersama Kapolres Probolinggo Kota AKBP Wadi Sa’bani dan jajaran forkopimda, melaunching Polisi RW dalam acara apel yang digelar di halaman kantor wali kota setempat. Pemasangan ban lengan dan rompi kepada anggota polresta menandai penugasan satu polisi di masing-masing RW di wilayah hukum Polres Probolinggo Kota.

Polisi RW ini merupakan bagian dari program Kapolri yang disampaikan oleh Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri Komjen Fadil Imran. Hadir sebagai strategi pendekatan kepolisian kepada masyarakat melalui identifikasi dan penyelesaian masalah sosial sedini mungkin.

Dalam sambutannya, Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin menengapresiasi atas inovasi Polres Probolinggo Kota itu. Menurutnya, hadirnya Polisi RW ini merupakan bukti atas konsistensi sinergi pemerintah dengan kepolisian dalam menjaga stabilitas keamanan masyarakat. “Sebagai bukti sinergitas antara pemerintah, aparat dan seluruh komponen masyarakat, tentunya ini menjadi bagian dari kebersamaan kita dalam membangun stabilitas masyarakat yang kuat,” kata Habib Hadi.

Kedepan, Habib Hadi juga berharap dalam pelaksanaannya Polisi RW dapat merangkul dan membangun interaksi positif dengan masyarakat. “Saya berharap kehadiran polisi di tiap-tiap RW bisa membangun interaksi yang positif dengan masyarakat, merangkul komunitas yang lebih kecil dan mendengarkan apa yang menjadi persoalan yang tengah dihadapi masyarakat,” harap Wali Kota Habib Hadi.

Sementara itu, Kapolresta Wadi Sa’bani mengatakan penugasan Polisi RW di Polres Probolinggo Kota akan menerapkan sistem lintas jabatan dan fungsi. “Polisi-polisi RW ini, dia tidak terbatas pangkat, ada yang pangkatnya pamen, di secara struktural di Polres itu sampai dengan kepala bagian bahkan kemarin pun konsepnya, saya pun bisa menjadi polisi RW, langsung saya pun bisa menjadi polisi RW,  ada yang pangkatnya perwira pertama, ada yang pangkatnya brigadir, ada yang tua, ada yang muda, ada yang berseragam secara strukturalnya ada yang polisi tidak berseragam,” tegas Kapolresta Wadi.
Selain kepala perangkat daerah Pemkot Probolinggo dan jajaran pejabat utama Polres Probolinggo Kota, apel launching polisi RW pagi itu juga dihadiri oleh ratusan anggota Polresta serta ketua RW di wilayah hukum Polres Probolinggo Kota. Meliputi Kota Probolinggo dan 3 kecamatan di Kabupaten Probolinggo. Salah satunya adalah Sonia, Ketua RW 4 Kelurahan Jrebeng Lor, Kedopok itu mengaku adanya Polisi RW ini akan sangat terbantu tugas dan tanggung jawabnya sebagai Ketua RW setempat.

“Tambah mudah ya untuk kita menanggapi masalah di masyarakat, soalnya kalau setiap RW ada satu polisi kan otomatis fokus ke RW itu sendiri, cukup apresiasi, sangat membantu, semoga lebih membantu pekerjaan kita,” ungkap Sonia. (Fabil)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"