Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Selasa, 09 Mei 2023

Kades Kolamar Siap Menyelesaikan Sejumlah Program Yang Terbengkalai di tahun 2022

Kepulauan Aru, SNN.com - Pengelolaan Anggaran Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) tahun anggaran 2022 di Desa Kolamar, Kecamatan Aru Utara, Marlase, di duga disalahgunakan. Salah satu sumber yang enggan namanya disebut, mengungkapkan ada sejumlah program pembangunan di Desa Kolamar yang tidak dilaksanakan, termasuk penyaluran BLT 6 bulan terakhir belum disalurkan kepada masyarakat penerima sampai sekarang. 

Menurut sumber, terkait dengan dugaan penyalahgunaan ADD/DD di Desa Kolamar, termasuk BLT yang belum disalurkan, Kepala Desa Kolamar, Hadir Djabutafuan, telah dilaporkan oleh masyarakat ke Polres Kepulauan Aru. 

“Terkait dengan BLT dan beberapa program kegiatan yang tidak jalan itu, ada beberapa orang masyarakat yang sudah menyampaikan laporan ke Polres kepulauan Aru. Laporan sudah masuk ke Polres Kepulauan Aru dan sementara menunggu panggilan”. Ungkap sumber.

Sumber menjelaskan bahwa sesuai dokumen, terdapat bantuan pengadaan Kedo-Kedo 6 unit untuk masyarakat senilai 156 juta rupiah tetapi sampai sekarang belum di laksanakan. 

Selain itu, kata sumber ada juga program pembangunan sarana prasarana jalan dengan pembuatan gorong-gorong senilai 16 juta rupiah, tetapi juga belum dikerjakan sampai sekarang.

 “sesuai Dokumen, ada kedo-kedo 6 unit senilai 156 juta rupiah. Kemudian untuk BLT 6 bulan terakhir belum disalurkan, dan pembangunan sarana/ prasarana jalan pembuatan gorong-gorong dengan jumlah anggaran Rp.16.700.000 tetapi dilapangan tidak jalan sama sekali. sampai sekarang tidak ada bahan material sedikit pun yang dibelanjakan”. Ungkapnya.

Terkait dengan sejumlah program dan BLT yang belum disalurkan kepada masyarakat di Desa Kolamar, Pimpinan Wilayah Kecamatan Aru Utara Marlase, Ikhsan Difinubun, SE yang dikonfirmasi diruang kerjanya di Dobo, Difinubun menjelaskan bahwa pihaknya sudah upayakan untuk penyelesaian dan Kepala Desa sudah pertemuan dengan masyarakat dan menyatakan sikap untuk proses penyelesaian.

“Kades sudah pertemuan dengan Masyarakat dan sementara ini kita sudah upayakan untuk proses penyelesaian. Dan dia (Kades) juga proaktif untuk itu dan mudah-mudahan dalam waktu dekat semua masalah itu sudah bisa diselesaikan”. Jelas camat. 

Dikatakan, terkait dengan BLT itu sudah selesai, dan terkait dengan program pekerjaan yang belum dilaksanakan, kata camat, kepala Desa sudah sepakat dengan masyarakat untuk penyelesaian. 

“Terkait dengan BLT itu sudah selesai, dengan program pekerjaan yang belum dilaksanakan itu, dia (kepala Desa) sudah sepakat dengan masyarakat untuk dilaksanakan. Entah dia (Kepala Desa) dengan caranya seperti bagaimana, tetapi untuk sementara ini, dia (Kepala Desa) siap untuk penyelesaian program-program yang belum terealisasi”. Tandasnya. (Moses)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"