Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Selasa, 09 Mei 2023

Polsek Pulau-Pulau Aru Gelar Jumat Curhat, Tingkatkan Kamtibmas

Kepulauan Aru, SNN.com - Dalam rangka meningkatkan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat di Lingkungan RT 021. RW. 007 Kelurahan Galaiduby, Kecamatan Pulau-Pulau Aru, Polsek Kecamatan Pulau-Pulau Aru menggelar Kegiatan Jumat Curahat, jumat 05/05/23. 

Kegiatan bertempat di rumah kediaman RT 021, Moses Balsala dan dihadiri oleh Kapolsek Pulau-Pulau Aru, Leo. Siwabessy. Wakapolsek, Abe Kewilaa. Kanit Patroli. Aipda M. Kelabora. Kanit Bimas, pa Saleh, Anggota TNI dari Koramil Dobo, pa Berti sebagai Babinsa Kelurahan Galaidubu. Sekertaris RT 021 Yongker Tarpono, dan sejumlah warga RT 021 yang berkenan hadir.

Kapolsek Pulau-Pulau Aru, Leo Siwabessy dalam arahannya, menjelaskan bahwa sejak dirinya ditempatkan sebagai Kapolsek Pulau-Pulau Aru, kondisi lingkungan dua kelurahan yaitu kelurahan Galaydubu dan kelurahan Siwalima, awalnya terlihat kurang begitu baik karena sering ditemui keributan antar warga, antar pemuda bahkan sering terjadi kekerasan dalam rumah tangga. 

Tetapi sekarang ini, kata Siwabessy, kondisi RT-RT sudah dalam keadaan aman. Ini berarti, katanya, masyarakat sudah lebih sadar tentang pentingnya lingkungan yang tertib dan aman.

Dikatakan, konteks jumat Curhat merupakan kegiatan percakapan yang mengharuskan warga menyampaikan tentang apa saja, terkait dengan kondisi lingkungan, yang selanjutnya akan dicari jalan keluar untuk penanganan yang lebih baik. Menghadapi tahun politik 2024, katanya, kita boleh berbeda partai politik, berbeda pilihan dan berbeda pendapat, tetapi kita harus bisa menjaga situasi dan kondisi lingkungan untuk tetap aman. 

“Menghadapi tahun politik 2024, saya sampaikan bahwa jangan hanya karena berbeda pilihan lalu kita menciptakan kekacauan. Untuk itu Saya menghimbau kepada bapa ibu sekalian supaya bisa menjaga situasi dan kondisi dimana kita tinggal untuk tetap aman”. Himbaunya.

Terkait dengan minuman keras, Kapolsek Siwabessy berharap agar orang tua lebih memperhatikan anak-anak muda yang sering mengkonsumsi minuman keras secara berlebihan yang pada akhirnya berdampak pada perkelahian dan pertengkaran.

“Sekarang Miras bukan lagi  menjadi tradisi tetapi sudah dikonsumsi sampai melebihi batas, yang pada akhirnya berdampak pada perkelahian dan pertengkara. Diharapkan supaya orang tua lebih memperhatikan kita punya anak-anak supaya tidak melakukan hal-hal yang tidak diinginkan”. Harapnya. 

Selain menjaga Kamtibmas, Kapolsek juga menghimbau agar warga tetap menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah secara sembarangan.

“saya menghimbau kepada basudara semua, harus memperhatikan kebersihan lingkungan. Kalau kita lihat kondisi di kota Dobo ini, masalah sampah itu ada dimana-mana dan sangat susah untuk diatasi. Untuk itu, kita harus bekerja sama melihat hal itu”. Ujarnya.

Dalam diaolog, warga menguslkan beberapa pikiran untuk ditindak lanjuti bersama sebagai upaya menciptakan Kamtibmas pada RT 021 diantaranya adalah, 1. Kegiatan Jumat Curhat harus berjalan berkesinambungan dan tidak hanya sekali. 2.Diminta agar harus ada Patroli malam dilingkungan RT 021 karena terkadang anak-anak muda duduk mangkal sampai larut malam dengan minuman keras. 3.Diharapkan agar apabila ada laporan masalah yang masuk ke Polsek, harus diproses sehingga bisa menjadi efek jerah dan jangan hanya penyelesaian kekeluargaan dan akhirnya bisa terulang masalah yang sama. 

Menanggapai apa yang disampaikan warga, Wakapolsek Kecamatan Pulau-Pulau Aru, Abe Kewilaa menegasakan pihaknya akan melakukan Patroli setiap malam karena tugas patroli merupakan tugas mereka yang harus dilaksanakan. 

“Jadi setiap malam kita akan laksanakan patroli. Dan dalam patroli apabila kita ketemu dengan pemuda yang sudah larut malam masih duduk berkerumun itu kita akan memberikan pembinaan dan membubarkan mereka, pulang kerumah masing-masing”. Tandasnya.

Sementara untuk kegiatan Jumat Curhat, menurut Kewilaa, itu merupakan kegiatan rutin yang dilakukan pihak Polsek, hanya karena RT itu ada dalam jumlah yang banyak sehinggga itu dilaksanakan bergilir.

Kapolsek Kecamatan Pulau-Pulau Aru, Leo, Siwabessy menyikapi usulan warga dengan langsung meminta Kanit Patroli, Kanit Bimas untuk memberikan Nomor HP kepada masyarakat, sehingga selain patroli yang dilakukan petugas, tetapi apabila ada kondisi lingkungan yang dinilai rawan, masyarakat sudah bisa langsung menghubungi pihak Polsek melalui Nomor HP yang sudah dibagi kepada warga. Sementara Kanit Patroli, M. Kelabora mengatakan bahwa masalah Patroli, merupakan tanggungjawanya sebagai yang akan dilaksanakan. 

Oleh sebab itu. Kelabora meminta agar apabila ada anak-anak muda yang duduk berkerumun sampai larut malam dengan Miras, segera menghubungi dirinya melalui Nomor Telephon yang sudah dibagi untuk ditindak lanjuti. 

“Terkait anak-anak yang duduk sampai larut malam dengan miras, solusinya adalah telephon kepada kami saja, untuk datang dan membubarkan mereka”. Ujarnya. (Moses)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"