Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Selasa, 09 Mei 2023

Kabupaten Aru Tidak Masuk Dalam Penanggulangan Kemiskinan Ekstrem di Maluku

Kepulauan Aru, SNN.com - Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Maluku, presentase Penduduk Miskin di Provinsi Maluku tahun 2022, Kabupaten Kepulauan Aru menempati urutan ketiga termiskin di Maluku dengan tingkat presentasi 23,51%. Angka ini lebih rendah dari tahun 2021 yaitu tingkat presentasi 26,53%. 

Sekalipun Kabupaten Kepulauan Aru, ada pada urutan ke- 3 termiskin di provinsi Maluku, namun Kabupaten Kepulauan Aru tidak termasuk di dalam lima Kabupaten Kota yang masuk dalam perioritas penanggulangan Kemiskinan Ekstrem di Provinsi Maluku. 

Penjelasan ini disampaikan Bupati Aru, Johan Gonga dalam sambutannya pada Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Kepulauan Aru, dalam rangka penyampaian LKPJ tahun anggaran 2022, baru-baru ini. 

Menurut Bupati, selaku masyarakat Aru, kita harus bersyukur bahwa untuk kemiskinan ekstrem di Provinsi Maluku, Kabupaten Kepulauan Aru masuk dalam peringkat II terbaik di Maluku setelah Kota Madya Ambon. Angka kemiskinan ekstrem untuk Kabupaten Kepulauan Aru, menurut Gonga, tingkat presentasenya hanya 2%. 

“Kita juga harus bersyukur, tingkat kemiskinan ekstrem di  Kabupaten Kepulauan Aru, kita masuk peringkat ke-dua (II) terbaik di Provinsi Maluku, setelah kotamadya Ambon, dengan angka presentase hanya 2%”. Tandasnya. 

Jadi, lanjut Gonga, walaupun angka kemiskinan kita masih tinggi, tetapi angka kemiskinan ekstrim kita itu cukup rendah, dibanding Kabupaten lain. Lima Kabupaten yang termasuk dalam perioritas penanggulangan Kemiskinan Ekstrem di Provinsi Maluku diantaranya adalah, Maluku Tengah, Maluku Barat Daya, Maluku Tenggara, Maluku Tenggara Barat, dan Seram Bagian Timur. (Moses)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"