Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Senin, 15 Mei 2023

Personel Lanud Dominicus Dumatubun Mendapatkan Penjelasan dan Penanganan Near Drowning

Langgur, SNN.com - Letda Kes dr. Noverian yang sehari hari menjabat sebagai Ps Kaurdukkes Lanud Dmn memberikan penjelasan dan penangan Near Drowning kepada Personel Lanud Dominicus Dumatubun di Gedung Serbaguna Lanud DMN, Senin (15-05-2023).

Sebagaimana di jelaskan oleh Letda Kes dr. Noverian Kejadian Near drowning atau submersion injury atau cedera akibat kejadian hampir tenggelam merupakan suatu kejadian tidak diinginkan. Wilayah Indonesia memiliki berbagai pulau dengan garis pantai yang cukup panjang. Indonesia juga memiliki daya tarik wisata dalam bidang perairan. Maka itu penting untuk diketahui dan dipahami apa yang harus diperbuat saat terjadi near drowning.
Lebih lanjut dr. Noverian menambahkan bahwa Penyebab kejadian hampir tenggelam sangat bervariasi tergantung kelompok usia, lokasi, suhu air, psikis pasien dan lain-lain.  Kebanyakan pasien adalah usia anak-anak dengan pengawasan minimal, dilokasi wisata air (kolam, danau, laut, dan sungai) bisa juga dialami oleh dewasa bahkan dapat dialami oleh penyelam profesional. Secara umum beberapa kondisi yang dapat menyebabkan kejadian hampir tenggelam adalah Kejang-kejang, Trauma kepala / tulang belakang, Aritmia jantung, Hipotermia, ada juga karena Konsumsi alcohol dan narkoba, Hipoglikemia, Parkinsonisme, depresi berat, kondisi lemah kendali otot, Gangguan kecemasan dan panic, Kecelakaan penyelaman
 dan ada juga  kasus kejadian Niat bunuh diri.

Untuk itu di harapkan dengan penjelasan dan penanganan near drowing, personel Lanud DMN bisa dan dapat segera dengan cepat dengan cara menyelamatkan korban dari air dengan cara berenang atau membantu dengan bantuan dahan kayu dan segera mengangkat dari air, pemberian nafas bantuan, kompresi dada, membersihkan muntahan yang memungkinkan terjadinya sumbatan jalan nafas, mencegah terjadinya kehilangan panas tubuh dan transportasi korban ke fasilitas gawat darurat terdekat dan segera memangil bantuan.

Reporter : Buyung Balubun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"