Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Rabu, 17 Mei 2023

Personel Lanud Dominicus Dumatubun Laksanakan Latihan Dasar Water Search and Rescue (WASAR) pada Korban Tenggelam

Langgur, SNN.com - Guna meningkatkan kemampuan personel saat melaksanakan tugas, personel Lanud Dominicus Dumatubun mengelar latihan dasar Water Search and Rescue (WASAR) yang dipimpin oleh Kepala Dinas Operasi (Kadisop) Mayor Pas Dewantoro, bertempat di pantai  Evu Kecamatan Kei Kecil Kabupaten Maluku Tenggara,.
Rabu (17-05-2023).

Kadisops selaku instruktur mengatakan latihan ini dilaksanakan sebagai upaya kesiapan personel Lanud Dominicus Dumatubu dalam tugas SAR terbatas, yang salah satunya memberikan pertolongan serta penyelamatan terhadap korban hanyut atau tenggelam. 

Dalam pelatihan ini Kadisops langsung memberikan teori maupun praktik terkait teknik pertolongan pertama berbasis masyarakat. Seperti dasar pertolongan pertama teknik CPR (cardiopulmonary resuscitation) atau dikenal juga dengan sebutan RJP (resusitasi jantung paru). CPR dilakukan terhadap orang yang tidak mampu bernapas atau mengalami henti jantung akibat suatu hal, misalnya tenggelam atau serangan jantung. Dengan mengembalikan fungsi napas dan jantung, CPR dapat menyelamatkan nyawa seseorang.
Seperti di ketahui bahwa Indonesia  merupakan surganya wisata bahari di mana perairan merupakan salah satu daya tarik wisata yang dimiliki. Terutama Bali dan kepulauan Kei di Maluku Tenggara ini yang terkenal dengan Pantai putih yang halus dan pasir panjang yang indah yang menggoda orang untuk sekedar berenang sampai menikmati olahraga air misalnya selancar dan jetski serta berbagai permainan air lainnya. 

Tentu saja tidak akan ada seorang pun yang berharap hal tersebut terjadi pada siapapun. Namun, apabila kita menemukan kejadian tersebut tentu dengan latihan dan praktek kali ini kita bisa mengetahui langkah-langkah apa yang harus segera dilakukan agar dapat menyelamatkan korban.

Reporter : Buyung Balubun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"