Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Selasa, 02 Mei 2023

Taman Seribu Lampu Padati Penonton Barongan

BLORA, SNN.com –  “Paguyuban Barong Cepu”  lahir dan menggebrak wilayah Cepu dan sekitarnya melalui pertunjukan yang digelar di  area Taman Seribu Lampu, Cepu,  Senin (1/5/2023) malam.

Pementasan barongan berlangsung begitu meriah.  Kawasan Tuk Buntung tampak penuh ramai dipadati masyarakat dari berbagai usia yang menyaksikan pementasan tersebut.

Hadir di acara yang dikemas pertunjukan berlabel halal bihalal itu, Wakil Bupati Blora, Tri Yuli Setyowati, ST, MM.  Mewakili Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP, M.Si,  Mbak Etik, panggilan akrab Wakil Bupati Blora,  mengapresiasi para pelaku kesenian Barongan yang tergabung dalam wadah 'Paguyuban Sedulur Barong Cepu'  tersebut. 

"Mewakili Pak Bupati,  atas nama Pemerintah Kabupaten Blora saya  mengucapkan banyak terima kasih kepada para seniman yang tergabung dalam wadah Paguyuban Sedulur Barong Cepu,  yang telah melaksanakan halal bihalal dengan menampilkan pertunjukan seni barongan.  Semoga kegiatan ini bisa menyenangkan dan menghibur masyarakat Cepu.  Sekaligus ini upaya untuk melestarikan budaya," ungkap Wabup
 
Dikatakan, Pemkab Blora menyambut baik semangat para pelaku kesenian Barongan di Blora, khususnya Cepu ini, dalam melestarikan budaya. Mbak Etik berharap agar nantinya kegiatan pementasan kesenian barongan bisa semakin banyak dan sering.
 
"Semoga kegiatan pementasan seperti ini nanti bisa semakin sering dilakukan, selain untuk melestarikan budaya, ini juga bisa menghibur masyarakat, semoga nanti bisa tampil di event-event," tambahnya
Ramaikan Event
 
Mewakili Paguyuban Sedulur Barong Cepu, Franz  mengungkapkan,  para pelaku kesenian Barongan dari Cepu siap untuk ikut serta meramaikan event-event  kesenian yang ada di Kabupaten Blora.

Termasuk, siap untuk dilibatkan dan meramaikan event yang diselenggarakan pemerintah setempat.  "Niatnya kedepan akan kita kemas lagi lebih menarik, seperti untuk acara giat di  Bulan Suro, dan event-event selanjutnya" jelas Frans.  
 
Dia menuturkan bahwa dalam paguyuban tersebut terdiri dari 28 kelompok kesenian Barongan. Sementara itu, untuk pementasan dalam acara halal bihalal di area Taman Seribu Lampu, ditampilkan dari perwakilan 10 kelompok barongan. 

Reporter : Lukman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"