Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA



Kamis, 24 November 2022

PERSONEL TNI DARI KORAMIL LECES TURUN LANGSUNG PERBAIKI TANGGUL YANG JEBOL


Probolinggo, SNN.com - Sertu Rokip Babinsa Tigasan Wetan Anggota Koramil 0820/ 03 Leces bersama masyarakat melaksanakan kegiatan karya bakti perbaikan tanggul sungai yang jebol yang berfungsi sebagai irigasi ke sawah Wilayah Desa  Sumberkedawung pasca diterjang banjir berlokasi di Desa  Sumberkedawung Kecamatan Leces Probolinggo, Kamis (24-11-2022). 

Terkait kegiatan perbaikan tanggul yang jebol, Sertu Rokip menjelaskan bahwa, Jebolnya tanggul sungai ini diakibatkan karena terjangan banjir yang terjadi beberapa hari yang lalu di wilayah Leces. sehingga tanggul sungai tidak  mampu menahan debit air yang semakin meningkat. Jika terjadi hujan dengan intensitas yang lebih tinggi, tidak menutup kemungkinan air akan semakin memasuki pemukiman warga dan merusak pesawahan warga di desa  Sumberkedawung.

Dalam kesempatan tersebut Sertu Rokip mengatakan, bahwa kegiatan perbaikan tanggul yang melibatkan warga desa setempat, sementara dilakukan dengan cara membuat patok-patok bambu, selanjutnya diisi dengan karung yang berisi tanah sebagai talud untuk menutupi kerusakan tanggul.

”Besar harapan saya agar pemerintah kabupaten akan menindaklanjuti hal ini untuk dibuatkan tanggul yang kuat dan permanen,” ungkapnya.

Ia juga mengatakan, peristiwa tanggul jebol di lokasi ini sudah berulangkali terjadi, hingga menimbulkan kekhawatiran warga jika tanggul tidak segera diperbaiki, maka kemungkinan akan menambah parah dan semakin melebar kerusakannya. Pasalnya, selama hampir sepekan ini curah hujan cukup tinggi di wilayah Kecamatan Leces. 

Semoga dengan adanya kerja bakti ini, dapat memberikan manfaat bagi semua warga Desa  Sumberkedawung Kecamatan Leces. Selain itu, melalui kegiatan kerja bakti ini tercipta kemanunggalan TNI dengan rakyat.

“ Untuk kedepan kami dari Koramil 0820/ 03 Leces melalui babinsa akan terus memantau dan mewaspadai perkembangan kondisi tanggul sepanjang aliran sungai.” ujar Rokip.

Sementara itu Slamet, petugas pengairan desa Sumberkedawung yang juga berada dilokasi itu menuturkan bahwa mengapresiasi apa yang di lakukan oleh anggota TNI dari Koramil Leces yang peduli dengan kondisi ini. Meskipun perbaikan untuk saat ini tidak sempurna, tapi setidaknya bisa menahan meluapnya air sungai ke pemukiman warga dan merusak pesawahan warga dikarenakan kondisi saat ini musim penghujan masih berlangsung," tutur Sutrisno.(Pendim0820/Arini).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"