Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Sabtu, 13 Mei 2023

APAKAH PESANTREN AL-ZAYTUN SESAT?

H.HENDI.E.SE.AK.SH.MH. Stafsus Hukum Ham RI & Stafsus Ekonomi Badan Advokasi Indonesia DPP DPD DPC NASIONAL 
Menyampaikan kepada media sorotnuswantoronews.com, Sesudah viral karena shalat idul fitrinya yang aneh, banyak jemaah yang bertanya, baik langsung maupun Via WA tentang Pesantren Al-Zaytun. 

H.Hendi menjawab kepada media sorotnuswantoro sesuai 4 Madzhab yang dimaksud adalah para Imam yang hasil pemikirannya sangat berpengaruh dalam menjalankan hukum-hukum Islam. Mereka adalah Imam Malik Bin Anas, Imam Syafi'i, Imam Abu Hanafi, dan Imam Ahmad bin Hambali ini yang benar 

Apalagi panji Gumilang berkata beliau (mengikuti Madzhab Soekarno) menurut saya pribadi tidak masuk logika di katakan sangat Menyimpang????? kita serahkan kepada MUI saja

Karena yang bertanya banyak maka saya buat saja jawaban dengan tertulis dan disusun dengan poin-poin supaya mudah dicerna. Dan saya share kepada para penanya. 

Berikut ini jawaban saya:

Saya sebagai pribadi tidak berwenang berfatwa sesat atau tidak sesat Al-zaytun kita serahkan kepada pengurus MUI nanti tentu akan mengikuti fatwa MUI. 

Tetapi sebagai pribadi saya Analisa bahwa Al-Zaytun di tahun 2002, 2005, 2007 sederhana dengan informasi semampu yang bisa saya akses, baik langsung melihat, informasi dari santri, pegawai, asatidz, orang tua santri, juga tentu dilengkapi dari berbagai sumber buku, majalah Al-Zaytun dan sumber informasi  lainnya. 

Dan setidaknya saya menemukan 20 Informasi tentang Pesantren Az-Zaytun, yang saya sampai kepenanya juga di share sebagai bentuk tahdzir ke umat supaya berhati-hati. 

Berikut 20 informasi tentang Al-Zaytun yang saya miliki:

1. Pendiri Pesantren Al-Zaytun adalah Abdul Salam bin Rasyidi lahir di Gresik tahun 1946.

Sudah jadi pengetahuan umum dikalangan aktivis islam "bawah tanah" beliau adalah Komandan tertinggi NII (Negara  lslam Indonesia) KW lX, dengan nama samaran Prawoto, Alias Abu Toto, alias Toto salam, alias Abu Ma'ariq, alias Nur Alamsyah, alias Syamsul alam. 

Dan sesudah mendirikan Az-Zaytun sampai sekarang berganti nama jadi Syeh Panji Gumilang

2. Walau luarnya NKRI (bisa dilihat dari logo merah putih, warna dan slogan-slogannya) tapi dalamnya sudah jadi pengetahuan umum dikalangan aktivia islam dan secara history dan fakta-fakta temuan MUI, FUUI, BIN, Aparat dan berbagai pengakuan para aktivisnya yang telah keluar, embrio mereka adalah Negara Islam Indonesia (NII) KW 9.

3. Gedung-gedung dan fasilitas-fasilitas super megah dengan berbagai mega proyek mercusuar yang terus berjalan tiada henti, tapi herannya tidak jelas sumber dananya. Tidak seperti yang lain jelas apakah dari bantuan timur Tengah, bisnis Pesantren, bantuan pemerintah atau swadaya jemaah. 

4. Secara kurikulum tidak diajarkan ajaran NII kepada santri-santrinya. Maka sampai saat ini relatif orang tua adem-adem saja. Dan larangan mengajarkan ajaran NII ke santri-santri ini langsung di intruksikan oleh syeh Panji Gumilang. 

5. Para Asatidz pengajarnya adalah dari kalangan umat islam pada umumnya, terutama mayoritas dari alumni Gontor

6. Hanya para leader di struktur yayasannya adalah para pentolan NII yang masih ada program-program khusus untuk mereka seperti:

a. Binayah al-aqidah (pembinaan akidah)

b. Binayah al-dzarfiyah (pembinaan teritorial)

c. binayah mas’uliyah (pembinaan aparatur)

d. Binayah al-shilah wa al-muwashalah (pembinaan komunikasi).

e. Binayah maliyah (pembinaan keuangan)


Dari kelima program itu, yang terakhir lah yang paling konsen dan prioritas yaitu binayah maliyah (pembinaan keuangan)

7. Karena Asatidznya dari kalangan umum terkhusus banyak dari alumni Gontor jadi secara keseluruhan praktik ibadah dikalangan santri-santri  hampir sama pada umumnya umat islam. Hanya dilingkungan dalamnya (para leadernya) banyak praktik ibadah yang ganjil. 

8. Secara aqidah harus kita pertanyakan karena Az-Zaytun tahun 2005 pernah mengundang para misionaris Kristen dari Yayasan The Gideon International dan yayasan itu membagi-bagikan 1.400 Bibel secara cuma-cuma di pesantren. Dan momen ini berakibat murtadnya Saifuddin Ibrahim, salah seorang pengajar Az-Zaytun yang sekarang terus viral karena terus menerus menghina islam di YouTube. 

9. Dikalangan para petingginya Bahasa Ibrani diutamakan lebih dari bahasa arab dan para leadernya diikutkan kursus bahasa Ibrani karena keyakinan syehnya bahasa Ibrani lebih tua dan asal usul bahasa Arab. 

10. Sering mengajak para leadernya di acara-acara formal Az-Zaytun untuk membacakan salam Yahudi dengan nyanyi dan yel-yel semangat Yahudi. Salah satu videonya sedang viral saat ini.

11. Membolehkan agama lain ikut ibadah bersama di Az-Zaytun sesuai dengan agamanya. Bisa kita lihat di video/foto yang juga viral saat ini. 

12. Beberapa kali menampilkan nyanyian resmi gereja diacara-acara resmi, salah satunya dalam acara yang digelar di ruang Mini Az-Zaytun Student Opera Tim Kesenian Az-Zaytun menyanyikan lagu “Gereja Tua” ciptaan Benny Panjaitan. Ini dilakukan atas perintah langsung Syaikh Ma’had Panji Gumilang.

13. Adzannya memakai gerakan-gerakan tangan yang sedang viral saat ini. Karena yang adzannya kelihatan  santri berarti Ini baru pertama ada keganjilan praktik ibadah  di kalangan santrinya.

14. Makmum yang masbuq tidak perlu menyempurnakan kekurangan rakaatnya karena sudah ditanggung imam. 

15. Memperbolehkannya wanita di shaff depan dan menentang adanya pemisahan laki-laki perempuan dalam ibadah. Termasuk yang saya lihat longgarnya aturan interaksi santri laki-laki perempuan di Al-Zaytun. 

16. Ada keganjilan dalam syariat zakat yaitu zakat fitrah tidak diberikan ke fakir miskin tapi untuk pembangunan Pesantren Al-Zaytun. 

17. Jumlah zakat fitrah dianjurkan sejumlah perkiraan dosa-dosa kita setahun. Dengan statment syeh Panji Gumilang terkait filosofi analogis zakat  dengan pembersihan dosa diri yaitu: " Jika kita mempebersihkan jasad lahir membutuhkan biaya sekian dalam setahun maka sejumlah itu pula zakat fitrah sebagai pembersihan bathin diri kita"

18. Ada kejanggalan dalam praktik syariat wakaf, sidekah, infak dsj. yaitu dengan ada tambahan istilah seperti shadaqah hijrah, infak, qiradl, al-fa’i, shadaqah istighfar, shadaqah tahkim, shadaqah munakahat, dan lainnya yang semuanya khas eksploitasi ekonomi NII kepada rekrutmen2nya, Khususnya di kampus-kampus di Bandung di tahun 90-an  sampai dengan awal 2000-an.

19. Ada kejanggalan dalam syariat qurban dimana qurban utamanya bukan dengan menyembelih hewan tapi lebih utama dana qurbannya adalah untuk  di salurkan ke pembangunan sarana pendidikan umat.

20. Mazhab Al-Zaytun menurut pengakuan langsung syeh Panji Gumilang adalah madzhab Soekarno. Yang tentu pengakuan yang terang benderang ini membuat kita semua umat islam tidak habis fikir akan penyimpangan ini. 
__________________________________
Demikian 20 informasi Al-Zaytun yang saya miliki, sesudah tiga kali saya berkunjung kesana dan dari sumber-sumber lainnya. Karena keterbatasan akses komunikasi dengan para petingginya tentu informasi diatas membutuhkan klarifikasi dari pihak Al-Zaytun benar atau tidaknya, supaya kita adil dalam mencerna informasi. 

Hanya sejauh ini karena permintaan berbagai pihak untuk klarifikasi tidak ditanggapi, dan sebelum ada fatwa MUI, maka saya share informasi yang saya miliki ini sebagai bentuk tahdzir (pengingat untuk hati-hati) kepada umat supaya mempertimbangkan hal diatas sebelum memasukan anaknya atau menjadi pengikut dan simpatisannya.

Semoga Allah selalu menjaga agama kita dari berbagai penyesatan, dan semoga kita selalu dalam bimbingan hidayah petunjukNya. Aamiin
____________________________________

Wallahu a'lam Bishowaab.
Dalam garis besar,nya apabila salah segera cepat turun para ulama besar untuk meluruskan ( Red )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"