Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Sabtu, 20 Mei 2023

Bentuk Karakter Dan Disiplin Sejak Dini, Babinsa Latih PBB di SMK NU 2 Kedungpring

Lamongan, SNN.com - Dalam rangka membentuk karakter dalam sikap kedisplinan, kekompakan, loyalitas dan kepedulian, rasa persatuan dan rasa tanggung jawab sejak dini, anggota Koramil 0812/11 Kedungpring jajaran Kodim 0812/Lamongan, Serda Gatot selaku Babinsa memberikan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) dan pelatihan dasar Peraturan Baris Berbaris (PBB) kepada Siswa-siswi di SMK NU 2 Kedungpring, Sabtu (20/05/2023).

Sebagai babinsa yang merupakan ujung tombak dan garda terdepan Tentara Nasional Indonesia (TNI) khususnya TNI-AD mempunyai tanggung jawab yang besar dalam rangka menumbuhkan sikap disiplin agar generasi muda memiliki karakter serta kebanggaan sebagai generasi penerus di waktu yang akan datang.

Ini merupakan tangggung jawab Bintara Pembina Desa (Babinsa) terhadap pembinaan generasi muda yang berada di wilayah desa binaannya.

Dalam hal ini Serda Gatot menjelaskan bahwa, pelatihan baris berbaris dilaksanakan sebagai wujud kepedulian Koramil 0812/11 Kedungpring dilingkungan pendidikan dan merupakan bentuk rasa tanggung jawab TNI khususnya TNI-AD dalam mempersiapkan generasi muda untuk menghadapi tantangan hidup di masa depan.

Pelatihan PBB sebagai wujud latihan fisik, guna menanamkan kebiasaan yang positif dalam tata cara kehidupan yang diarahkan kepada terbentuknya sikap dan perilaku seseorang agar memiliki disiplin yang tinggi.

“Disinilah langkah awal bagi anak-anak sekolah untuk mengenalkan kedisiplinan dan suatu latihan awal untuk karakter bela Negara,” terang Serda Gatot di sela-sela latihan.

Selain meningkatkan disiplin siswa-siswi, lanjut Serda Gatot, latihan PBB juga memiliki manfaat yang sangat berguna bagi anak-anak sekolah yaitu melatih daya konsentrasi, melatih kekompakan, belajar menghargai orang lain dan dan mengendalikan emosi.

Serda Gatot menambahkan, kegiatan ini juga untuk memberikan sumbangsih terutama dalam membina generasi muda sejak dini. “Nanti para generasi mampu menghadapi arus informasi dan globalisasi serta tantangan ke depan terutama anti terhadap narkoba serta menjadi generasi emas nantinya,” sebut Serda Gatot.

Diakhir penyampaian, Serda Gatot mengajak para Siswa/Siswi untuk berusaha menjadi pribadi-pribadi yang tangguh, ulet, trampil serta menanamkan kedisiplinan yang tinggi baik dalam proses belajar di sekolah maupun di luar sekolah. (Pendim0812).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"