Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Minggu, 24 September 2023

Mahasiswa Unisla Dibekali Wawasan Kebangsaan Dalam Pemahaman Idiologi Negara. Ini Pesan Dandim 0812

Lamongan, SNN.com - Mahasiswa Baru (Maba) Universitas Islam Lamongan (UNISLA) diajak untuk selalu menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dalam pemahaman idiologi negara dan bela Negara. Ajakan itu disampaikan oleh Letkol Arm Ketut Wira Purbawan S.IP, M.Han (Dandim 0812/Lamongan) saat memberikan pembekalan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) ke ribuan Mahasiswa (Maba) Unisla.

"Dengan diberikan wasbang ini, para mahasiswa yang merupakan penerus bangsa dapat menguatkan karakter bangsa, menjaga keutuhan NKRI," katanya seusai memberikan materi Wasbang di gedung pasca sarjana kampus UNISLA Kab. Lamongan  Sabtu, (23/09/2023).

Para mahasiswa ini pun mendapatkan sejumlah materi dari Dandim 0812/Lamongan di antaranya ideologi negara, Bhineka Tunggal Ika, NKRI dan UUD 1945.

"Karena memang Mahasiswa ini memikul peranan penting dalam kehidupan bernegara maupun berdemokrasi.Harapannya agar kita bisa selalu mempertahankan ideologi Negara,menjaga keutuhan NKRI dan juga menjadikan ideologi Pancasila sebagai falsafah kehidupan" ucapnya.

Di sisi Lain, Dr. Winarto Eka, Mpdi (Wakil rektor 3 UNISLA) dalam PKKMB, menyebutkan kegiatan pembekalan Wasbang tersebut merupakan salah diantara rentetan kegiatan PKKMB.

"Salah satu materi PKKMB Tahun 2023 sesuai dengan Permen Ristek Dikti yaitu pemberian wawasan kebangsaan dan bela negara bagi mahasiswa baru Unisla," ucapnya.

Menurut Dr. Winarto Eka, Mpdi (Wakil rektor 3 UNISLA), pemberian Wasbang ini merupakan kegiatan rutin yang harus dilakukan setiap kegiatan PKKMB, dengan materi untuk menambah wawasan kebangsaan dan bela negara serta cintah tanah air NKRI.

“Materi PKKMB tahun 2023 ini sesuai dengan Permenristekdikti. Diharapkan para mahasiswa Unisla ini akan selalu cinta NKRI dan akan selalu membelah tanah NKRI Bila ada gangguan yang jelek atau merusak NKRI,” ujarnya.

Dr. Winarto Eka, Mpdi (Wakil rektor 3 UNISLA) juga menjelaskan, selain pemberian wawasan kebangsaan dan bela negara, sesuai Permenristekdikti panitia juga memberikan materi lain. Yaitu materi empat pilar, Pancasila, Bhineka tunggal ika, NKRI dan UUD 1945. " ucapnya.

“Kami memberikan ilmu dasar meskipun mereka sudah pernah diberikan materi ini di tingkat SMP maupun SMA tetapi ini kita lakukan untuk penguatan dan pengembangan. Dan ini akan memberikan ilmu pengetahuan dan wawasan yang cukup bagi mahasiswa ,” tuturnya. 

Hadir dalam kegiatan ini," Letkol Arm Ketut Wira Purbawan S.IP, M.Han (Dandim 0812/Lamongan). Dr. Winarto Eka, Mpdi (Wakil rektor 3 UNISLA). Diah ayu Novitasari, M.Si, (Ketua panitia). Nurwahid (Ketua BEM UNISLA). Herlian Febrianto (Ketua DPM UNISLA. Mahasiswa dan mahasiswi baru UNISLA. (Pendim0812)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"