Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Senin, 18 April 2022

Pemkab Lamongan Sampaikan Sayang ke Rakyat Melalui Booster Jelang Lebaran


Lamongan, SNN.com - Tahun ini merupakan mudik perdana bagi umat muslim yang merayakan hari raya Idul Fitri 1443 H, setelah dua tahun ada larang mudik karena pandemic Covis 19. Persiapan matang terus dikoordinasikan oleh pemerintah daerah untuk menjamin keberlangsungan mudik yang aman dan nyaman. Pemerintah Kabupaten Lamongan menggelar koordinasi persiapan hari raya Iduil Fitri 1443 H bersama para Camat atau Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) secara daring, Senin (18/4) di ruang Command Center Pemkab Lamongan Lt.3.

Tercatat sebagai kabupaten yang berpredikat PPKM level 1 nomor 1 di Indonesia, Lamongan diperingatkan agar tidak lengah untuk terus melakukan sinergi menghadapi pandemi covid 19. 

"Kita mempersiapkan yang terbaik untuk mudik tahun ini, namun tetap ada beberapa hal yang menjadi catatan kita. Predikat level 1 di seluruh Indonesia harus dijadikan acuan untuk bekerja lebih keras lagi. Kelonggaran kali ini jangan sampai dijadikan euforia," tutur Bupati Lamongan Yuhronur Efendi  memberikan arahan kepada para camat.

Terkait dengan hal tersebut,  Pak Yes menitipkan pesan peduli terhadap kesehatan masyarakat saat melakukan mudik nanti. Berulang kali Pak Yes menegaskan bahwasanya kelonggaran mudik harus didukung oleh ketatnya penerapan protokol kesehatan.
"Saya tidak mau ada camat yang tidak fokus dan tidak peka. Sinergitas bersama antara masyarakat,TNI, dan POLRI adalah kunci keberhasilan kita bersama. Persoalan vaksin booster, terus kita galakkan dan sosialisasikan.Karena booster ini terbukti untuk kekebalan tubuh dalam menangkal virus covid sekarang atau kedepan. Sampaikan kepada masyarakat, kita sayang rakyat dengan cara booster digalakkan dan disosialisasikan," tegas Pak Yes.


Koordinasi untuk membentuk strategi ketercapaian mudik aman dan nyaman diharapkan terealisasi sesuai yang diharapkan.
"Mudah-mudahkan Idul Fitri kali ini berjalan dengan baik dan tidak menimbulkan lonjakan angka covid.Terus kompak jaga kondisi wilayah masing-masing," harap Pak Yes.
Memandu jalannya rapat koordinasi, Sekretaris Daerah Lamongan, M.  Nalikan memberikan beberapa hal yang harus dipenuhi saat menyambut hari raya esok.

"Crosscek seluruh jalan-jalan di desa terkait kebersihan. Seperti yang diutus Pak Bupati  untuk memperindah kantor-kantor pemerintah sehingga enak dipandang saudara kita yang berkunjung. Booster sebelum lebaran harus sudah mencapai 30%, pasang ucapan untuk pemudik serta cantumkan kata-kata agar tetap menjaga diri dari covid, perlu penjagaan karena libur kita panjang, perlu kerjasama yang baik agar terhindar dari gesekan-gesekan yang ada di masyarakat," terang Nalikan.

Pada kesempatan yang sama Kepala Dinas Kesehatan Taufik menyampaikan beberapa indikator yang dilihat dari sektor kesehatan Lamongan yang menggambarkan kesiapan serta perbaikan yang harus dilakukan masyarakat Lamongan.

"Alhamdulillah saat ini kondisi covid di Lamongan semakin terkendali. Terhitung 25 kecamatan masuk zona hijau dan 2 kecamatan zona kuning saat ini. Kesiapan kita menghadapi Idul Fitri harus menjamin keamanan kenyamanan karena sehat itu penting. Maka dari itu kita siapkan Puskesmas UGD, dan pos penjagaan selama 24 jam. Selain itu booster perlu dan masker juga diutamakan. Untuk kesiapan rumah sakit kita ada  rumah sakit untuk melayani covid agar masyarakat tidak merasa cemas dan khawatir saat menjalankan mudik," terang Taufik. (Zainal A)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"