Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Selasa, 26 April 2022

Siapkan Pengamanan Idul Fitri, Polres Kepulauan Aru Gelar Latihan Pra Ops Ketupat Salawaku 2022


Kepulauan Aru, SNN.com - Menjelang diberlakukannya Operasi Ketupat Salawaku 2022, Kepolisian Resort (Polres) Kepulauan Aru menggelar latihan pra operasi di Aula Ursia Urlima Polres setempat Selasa (26/4/2022).

Kegiatan Latihan Pra Operasi (LATPRAOPS) terpusat Ketupat Salawaku 2022 dipimpin langsung oleh Kapolres Kepulauan Aru, AKBP Sugeng Kundarwanto, SH dan diikuti PJU dan Kapolsek jajaran serta seluruh anggota yang terlibat operasi.

Kapolres Kepulauan Aru, AKBP Sugeng Kundarwanto saat membuka Latpraops mengungkapkan Kegiatan Latpraops tentunya bukan sesuatu yang asing bagi tugas kepolisian karena rangkaian ini tentu dilaksanakan hampir setiap kegiatan-kegiatan operasi terpusat maupun operasi kewilayahan.

Latpraops tentunya sangat penting dalam rangkaian sebelum kita masuk di dalam kegiatan operasi kerena disinilah kita menggali unsur-unsur kelemahan dari kita sendiri terhadap situasi di lapangan apa yang harus kita sikapi apabila terjadi hal-hal di luar dari rencana pengamanan.

"Kalau dinamika masyarakat semakin banyak tentu perubahan dari pada sistem pengamanan kita pasti akan berubah. Oleh karena itu perlu adanya sinergritas baik internal maupun eksternal dalam kegiatan pengamanan agar berjalan baik," ujar Kapolres.

Ditegaskan pula bahwa, dalam rangka mengantisipasi adanya ancaman terorisme maupun penyakit masyarakat yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) jelang hari raya Idul Fitri 1443 H maka seluruh personil kepolisian negara dituntut untuk bersikap profesional dalam menghadapi masalah.


"Sistem pelaporan sangat penting dalam kegiatan pengamanan dan dilakukan secara berjenjang. Kemudian personil yang terlibat dalam pengamanan nantinya tetap melaksanakan tugas dengan rasa tanggung jawab, tetap menjaga kesehatan, kerena tugas kita adalah melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat," tandas Kapolres.

Lebih lanjut AKBP Sugeng Kundarwanto berharap dengan adanya Latpraops ini dapat memberikan manfaat dan pengetahuan maupun ketrampilan baru guna pelaksanaan tugas kemanusiaan Polri untuk mengamankan arus mudik, perayaan Idul Fitri 1443 H dan kegiatan libur lebaran masyarakat.

“Laksanakan tugas operasi secara profesional, humanis, hindari arogansi, serta tetap mematuhi protokol kesehatan,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Operasi Kepolisian Terpusat Ketupat  2022 akan dilaksanakan selama 12 hari, mulai 28 April hingga 9 Mei 2022 serentak seluruh Indonesia. 

Reporter : Nus Yerusa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"