Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Rabu, 20 April 2022

RSUD dr. Soegiri Berproses Menjadi Rumah Sakit Pendidikan


Lamongan, SNN.com - Dalam rangka penetapan RSUD Soegiri Lamongan sebagai RS Pendidikan bagi Fakultas Kedokteran Unibersitas Muhammadiyah Surabaya, Kementerian Kesehatan RI melakukan visitasi ke RSUD dr. Soegiri Lamongan, Rabu (20/4).

Diterima oleh Bupati Lamongan bersama Direkstur RSUD dr. Soegiri dan kepala OPD terkait, dr. Else Mutiara Sihotang  Tim Kesehatan dari Kementerian Kesehatan RI menuturkan, berdasarkan peraturan UU No. 44 Tahun 2009 dan PP No. 93 Tahun 2015, disebutkan bahwa rumah sakit yang menjadi tempat pembelajaran untuk Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi dan Kedokteran kesehatan lain harus mendapatkan penetapan dari Mentri Kesehatan.

“Visitasi kami ini sebagai proses penetapan RSUD dr. Soegiri ini sebagai RS Pendidikan untuk Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surabaya. Karena untuk ditetapkan menjadi rumah sakit pendidikan narus memenuhi standard-standard  yang telah ditentukan, nah kami ke sini  untuk melihat apakah rumah sakit ini sudah memenuhi standard tersebut,” ujar Else.

Else menambahkan, dirinya beserta tim yang bertugas melakukan visitasi tersebut yakin SRUD dr. Soegiri telah memenuhi standard yang telah ditentukan, karena sebelumnya telah dilakukan bimbingan teknis terkait dengan standard yang ditentukan tersebut.

Else berharap, visitasi yang dilakukan dapat berjalan dengan baik, sehingga proses penetapan bisa segera berproses. Namun demikian, kata Else,  untuk SK penetapan perlu waktu karena ditandatangani langsung oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia.

"Kami harapkan proses ini bisa berjalan dengan baik, sehingga RS soegiri ini bisa menjadi tempat proses pembelajaran yang baik untuk adik-adik koas dari Fakultas Kedokteran Muhammadiyah, dan bisa menghasilkan dokter-dokter yang baik dan terutama yang berkualitas," kata dr. Else.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Lamongan Yuhronur Efendi menuturkan, Pemerintah Kabupaten Lamongan terus melakukan pembangunan daerah khusunya di bidang kesehatan.

"Kami yakin dengan adanya Visitasi Penetapan Rumah Sakit Pendidikan di RSUD Dr. Soegiri ini akan menjadi sebuah kebangkitan dan dorongan untuk rumah sakit, dalam memberikan pelayanan maupun layanan kesehatan, serta sebagai fungsi pendidikan sendiri," tutur Pak Yes sapaan akrab Bupati Lamongan.

Selain itu, Pak Yes menyatakan, momentum ini dapat memberikan sebuah dorongan untuk terus berusaha memberikan yang terbaik dan memberikan kepuasan prima kepada masyarakat. Pak Yes juga meyakini, RSUD Dr Soegiri  mampu mendapatkan, melakukan dan memerankan fungsi-fungsi yang ditetapkan dalam Undang-Undang maupun Peraturan Pemerintah.

RSUD dr. Soegiri telah melakukan kerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Surabaya sejak 2019 lalu. Guna memenuhi standard sebagai Rumah Sakit Pendidikan, RSUD dr. Soegiri telah melengkapi sarana dan prasarana pendukung program pendidikan, antara lain aula, ruang ilmiah, ruang akills lab, kamar jaga DM, ruang CBT, ruang clinical instructor, ruang komkordik, ruang administrasi, fasilitasi IT, logbook DM dan Dokdiknis.

Selain itu RSUD dr. Soegiri sebagai rumah sakit pendidikan utama bagi FK Universitas Muhammadiyah Surabaya, juga telah mengadakan kerjasama dengan beberapa rumah sakit satelit jejaring, antara lain RSML, RSMG, RSJ Menur, SR Aisyah Siti Fatimah Sidoarjo dan RSUD dr. Soetomo Surabaya. (Zainal A)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"