Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Senin, 25 April 2022

Selamat Jalan Putra Terbaik Lamongan, Prajurit Marinir Yang Gugur Saat Bertugas di Papua


Lamongan, SNN.com - Pratu Mar Dwi Miftahul Achyar, Seorang prajurit Marinir asal Lamongan Jawa Timur, dari satuan Yon Tsifib 2 (Mar), Pasmar 2 Kormar yang gugur saat kontak senjata dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB) yang menyerang Pos TNI sekitaran Kalikote, Kabupaten Nduga, Papua, pada Jumat (22/04/2022) pagi, sekitar pukul 06.11 WIT.

Dari informasi awal yang didapat, gerombolan separatis teroris menyerang pos pengamanan dan menembaki aparat TNI yang sedang mengemban tugas Negara yaitu Satgas Kodim Mupe Yonif 3 Mar di Kali Kote, Akibat kotak tembak tersebut 1 orang terluka dibagian bahu dan mengakibatkan 1 orang prajurit meninggal dunia yaitu Pratu Mar Dwi Miftahul Achyar.  

Setelah kejadian itu, puluhan personel dari pos kotis dikerahkan untuk evakuasi Tim Trisula yang diserang KKB. Evakuasi berhasil dengan mengunakan helikopter sekitar pukul 09.56 WIT dan jenazah Pratu Mar Dwi Miftahul Achyar langsung dibawa ke Timika.

Pratu Mar Dwi Miftahul Achyar adalah salah satu putra terbaik lamongan, Prajurit TNI-AL, Marinir dari kesatuan Intai amfibi, seorang putra Kebanggaan dari Sartono (56) asal Jalan Sumowiharjo RT 3 RW 10 Kelurahan Babat, kabupaten lamongan.

Sementara itu, di tempat yang sama, Brigjen TNI Marinir, Suherlan dan Pasmar 2 yang berkedudukan di Surabaya, saat di rumah duka menuturkan, "Kami bersama sama dengan rekan-rekan Almarhum mengawal jenasahnya dari timika-papua sampai di surabaya 14.45 wib. Kurang lebih menempuh perjalanan udara 8 jam dan sampai di kediaman babat ini pada pukul 17.00 wib. Pratu Mar Dwi Miftahul Achyar adalah seorang prajurit yang penuh dedikasi, dan gugur sebagai syuhada untuk mempertahankan negara." Minggu, (24/04/2022).

Atas jasa Almarhum Pratu Mar Dwi Miftahul Achyar yang gugur saat bertugas, Oleh negara dinaikkan pangkatnya 1 tingkat menjadi Praka marinir Intai Amfibi.

"Sekali Marinir Selamanya menjadi keluarga Marinir," ungkap Brigjen TNI Marinir, Suherlan.

Pemakaman di lakukan secara militer dan penuh isak haru pada minggu (24 April 2022) malam di TPU Kelurahan Babat Kabupaten Lamongan dari pukul 19.00 sampai pukul 21.00 wib yang juga dihadiri oleh Bupati lamongan Yurohnur Effendi bersama Dandim 0812 lamongan serta Kapolres Lamongan yang didampingi jajaran forkopimcam babat. (Zainal A)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"