Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Senin, 25 April 2022

Polsek Jajaran Polres Tuban Salurkan Zakat Fitrah Kepada Warga Masyarakat Di Desa Binaannya


Tuban, SNN.com - Bhabinkamtibmas Polsek Widang hari ini membagikan Zakat Fitrah kepada warga masyarakat menjelang Hari Raya Idul Fitri 1443 H, Senin ( 25/4/2022 ). 

" Di tengah pandemi Covid -19, penyerahan Zakat tetap dilaksanakan sesuai dengan prosedur protokol kesehatan, yakni dengan jaga jarak dan menggunakan masker.

Zakat Fitrah adalah zakat wajib yang harus di keluarkan sekali setahun, yakni saat bulan suci Ramadhan menjelang Hari Raya Idul Fitri.

" Zakat Fitrah haruslah di keluarkan sebelum Sholat Idul Fitri di langsungkan. Hal tersebut yang menjadi pembeda Zakat Fitrah dengan zakat lainnya," tutur Kapolsek Widang AKP Rukimin, S.H.M.H.

Zakat Fitrah berarti menyucikan harta, karena dalam setiap harta manusia ada sebagian hak orang lain. Oleh karenanya, tidak ada suatu alasan pun bagi seorang hamba Allah yang beriman untuk tidak menunaikan Zakat Fitrah karena telah di wajibkan bagi setiap muslim, laki laki maupun perempuan," sambungnya. 


Sebagai insan Bhayangkara, momentum ini adalah wujud ketaatan hamba Allah untuk kembali Fitri atau kesucian dari dosa.

" Selain untuk mensucikan diri setelah menunaikan ibadah di bulan Ramadhan, Zakat Fitrah juga dapat di maknai sebagai bentuk kepedulian terhadap orang yang kurang mampu, membagi rasa kebahagiaan dan kemenangan di Hari Raya yang dapat di rasakan semuanya termasuk masyarakat yang serba kekurangan," beber Kapolsek. 

Kapolsek juga menjelaskan bawasannya pembagian Zakat Fitrah tersebut merupakan agenda rutin yang dilakukan Polres Tuban dan jajarannya setiap tahunnya menjelang Hari Raya Idul Fitri, yang secara teknis penyaluran Zakat Fitrah ini akan di salurkan melalui anggota Bhabinkamtibmas yang sudah terdata untuk di serahkan kepada warga yang kurang mampu di Desa binaannya masing - masing," pungkas Kapolsek. ( AGUS ).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"