Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA



Kamis, 10 November 2022

Bupati Lumajang Thoriqul Haq Menyampaikan Nota Penjelasan Raperda APBD TA 2023


Lumajang, SNN.com - Bupati Lumajang, Thoriqul Haq sampaikan Nota Penjelasan Raperda APBD Tahun Anggaran 2023 pada Rapat Paripurna I DPRD Kabupaten Lumajang, di Gedung DPRD Kabupaten Lumajang, Rabu (9/11/2022) pagi.

Rapat Paripurna dipimpin langsung oleh Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Lumajang, H. Bukasan. Turut hadir, Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati, anggota DPRD Kabupaten Lumajang, jajaran Forkopimda Kabupaten Lumajang, Kepala Perangkat Daerah dan Camat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lumajang.

Dalam penjelasannya, Bupati Lumajang menyampaikan, bahwa penyusunan R-APBD tahun anggaran 2023 telah diawali dengan menyusun KUA/PPAS dan telah dibahas dan disepakati bersama antara Bupati dan DPRD, dimana KUA/PPAS disusun berpedoman pada Peraturan Bupati Lumajang No. 41 tahun 2022, tentang RKPD Kabupaten Lumajang tahun 2023.

"Di dalam RAPBD tahun anggaran 2023, arah kebijakan ekonomi Kabupaten Lumajang diselaraskan dengan arah kebijakan ekonomi nasional dan Pemprov Jawa Timur tahun 2023," ujarnya.

Bupati juga menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Lumajang memprioritaskan pembangunan tahun 2023 antara lain pemulihan ekonomi melalui penguatan usaha mikro dan pariwisata, peningkatan layanan struktural pendukung ekonomi, peningkatan kualitas SDM dan perluasan kesempatan kerja serta pengentasan kemiskinan.

Selanjutnya, Peningkatan kepedulian sosial dan pelestarian nilai budaya lokal, peningkatan pertanian berkelanjutan, peningkatan ketahanan bencana dan kualitas lingkungan hidup, serta peningkatan ketentraman, ketertiban umum dan kualitas pelayanan publik.

"Sejalan dengan arah kebijakan nasional dan Provinsi Jawa Timur tahun 2023, tema pembangunan Kabupaten Lumajang tahun 2023 adalah Optimalisasi Reformasi Struktural untuk Percepatan Pembangunan Berkelanjutan," katanya.

Sementara itu, Wakil Bupati Lumajang mengharapkan, dengan waktu yang terbatas, TAPD, Badan Anggaran dan seluruh fraksi serta komisi DPRD dan seluruh OPD selaku mitra kerja dapat menyelesaikan pembahasan R-APBD tahun anggaran 2023 tepat waktu. 

Reporter : Arini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"