Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA



Kamis, 17 November 2022

Komitmen Pemkab Lamongan, Tahun 2022 Seluruh Desa Ada Mobil Sehat


Lamongan, SNN.com - Bertepatan dengan peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 58, Bupati Lamongan Yuhronur Efendi menyerahkan secara langsung 15 unit  mobil sehat untuk 15 desa dan 2 unit mobil ambulance untuk Dinas Sosial  dan Dinas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kabupaten Lamongan. Penyerahan mobil dilakukan usai pelaksanaan upacara HKN di halaman kantor Pemerintah Kabupaten Lamongan, Kamis (17/11). 

Dengan diserahkannya mobil sehat tersebut, total sudah 462 unit mobil sehat terdistribusikan ke desa-desa dari target  464 unit pada tahun 2022. Total target mobil sehat  keseluruhan sebanyak 474 akan terselesaikan pada tahun 2023 dengan memberikan mobil sehat kepada 10 kelurahan di Kabupaten Lamongan pada tahun 2023.

Bupati Lamongan, Yuhrinur Efendi pada kesempatan tersebut mengungkapkan dengan jumlah mobil sehat yang telah terdistribusikan dan akan diserahkan tahun depan, akan  dapat menunjang layanan kesehatan di Kabupaten Lamongan. 

"Hari ini sudah 462 tinggal kurang sedikit lagi, dan di tahun depan akan ada 10 mobil sehat untuk kelurahan. Tadi kita juga memberikan kepada Dinas Kesehatan ini untuk menyisir ODGJ (Orang Dalam Gangguan Jiwa) di jalanan dan satu di PTSP untuk standby. Dengan 464 dan 10 yang akan kita berikan, saya yakin dapat menunjang layanan kesehatan yang ada di Lamongan hingga ke pelosok-pelosok," tutur Pak Yes sapaan akrab orang no satu di Lamongan.

Pak Yes menambahkan,  dalam upaya meningkatkan indeks kesehatan masyarakat, Pemkab Lamongan melalui Dinas Kesehatan Lamongan maupun dinas terkait juga terus berupaya dengan menghadirkan berbagai program layanan mulai dari layanan kesehatan, diantaranya home care service yang diberikan secara gratis, optimalisasi pelaksanaan Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH), posyandu lansia yang di imbangi Sekolah Lansia Tangguh, Lesung Si Panji, Griya Sehat Lamongan (Grisela), pembukaan RSUD Karangkembang Babat, serta rencana pembangunan rumah sakit di Pantura.

Langkah-langkah tersebut menorehkan hasil yang cukup memuaskan, di 2021 pembangunan SDM Lamongan yang direpresentasikan dengan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) sebesar 73,12 atau dalam kategori baik, tak hanya itu indeks kesehatan Lamongan juga sebesar 0,81, usia harapan hidup masyarakat mencapai 72,49. Bahkan, generasio angka ketimpangan masyarakat di Lamongan sebesar 0,292 atau tingkat ketimpangan masyarakat semakin sempit.

"Capaian-capaian tersebut menunjukkan bahwa tata kelola pemerintahan khususnya pengelolaan anggaran yang kita jalani bersama sangat efektif, akuntabel. Ini harus terus dipertahankan sehingga  dapat mengungkit daya saing daerah, meningkatkan kesejahteraan masyarakat  dan terbentuk sumber daya manusia yang unggul, “ kata Pak Yes. (Zainal A)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"