Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA



Jumat, 04 November 2022

Program Rantang Kasih Moe Terus Disalurkan untuk Jamin Nutrisi Lansia di Bojonegoro


Bojonegoro, SNN.com - Program penjaminan nutrisi bagi lansia melalui Rantang Kasih Moe terus berlangsung. Program Pemkab Bojonegoro ini sudah dimulai sejak 2020 dan disalurkan kepada 10 lansia di setiap desa. Penyaluran dilakukan melalui ibu Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) setiap Jumat di semua desa se-Kabupaten Bojonegoro. 

Salah satunya digelar di Desa Klino, Kecamatan Sekar, Kabupaten Bojonegoro, Jumat (4/11/2022). Ibu PKK di Desa Klino menyalurkan 10 rantang kepada para lansia. 

Rantang Kasih Moe menjadi salah satu dari 17  program prioritas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro yang menggandeng Ibu-Ibu PKK di setiap desa. Pada program ini, warga tak mampu, khususnya lansia, diberi bantuan nutrisi yang dikemas menggunakan rantang. Sehingga esensi tradisional dan kebersihan tetap terjaga.

“Menu lengkap mengandung karbohidrat, protein, sayuran, dan buah-buahan. Diberikan setiap pagi dan sore. Menu hari ini nasi, mie, dan ikan. Untuk buahnya ada apel dan semangka,” ujar Ketua PKK Desa Klino Kecamatan Sekar Yeni. 

Rantang Kasih Moe ini mulai berjalan sejak awal 2020. Yeni menuturkan kegiatan kemanusiaan yang berlangsung setiap minggu di hari Jumat ini berlangsung lancar. Dengan harapan, nutrisi lansia tetap terjamin. 

“Alhamdulillah selama ini penyaluran Rantang Kasih Moe berjalan dengan lancar dan baik,” imbuh Kepala Desa Klino Dwi Nurjayanti. 

Sementara itu, Kabid PIKP Dinas Kominfo Bojonegoro Panji Ariyo Kusumo menambahkan program Rantang Kasih Moe sudah banyak dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Bojonegoro. Sesuai data di Bappeda, program Rantang Kasih Moe di 2021 disalurkan kepada 8.744 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). 

"Sementara tahun 2022 ada sebanyak 6.123 KPM. Sehingga total ada 14.867 KPM yang telah merasakan Program Rantang Kasih Moe ini," terangnya. [mr/red]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"