Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA



Kamis, 17 November 2022

Tujuh Calon Sekda Jalani Penilaian Kompetensi di Surabaya


PROBOLINGGO, SNN.com - Seleksi calon sekretaris daerah (sekda) di Pemkab Probolinggo memasuki tahap penilaian kompetensi atau assessment. Ada 7 pendaftar calon sekda yang mengikuti assessment, Senin (14/11/2022) di BKD Jawa Timur di Surabaya. Tahapan assessment tersebut harus dilalui bagi para calon sekda yang telah dinyatakan lulus seleksi administrasi. 

Tujuh pejabat Pemkab Probolinggo yang menghadiri assessment adalah Staf Ahli Bidang Hukum, Pemerintahan dan Pembangunan Agus Mukson. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Edy Suryanto. Kepala Dinas Tenaga Kerja Doddy Nur Baskoro. Asisten Pemerintahan dan Kesra Heri Sulistyanto.

Berikutnya, Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kristiana Ruliani. Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Ugas Irwanto. Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Yulius Christian.

Sebelumnya ada 8 pejabat yang mendaftar calon sekda. Satu pejabat tidak lolos seleksi administrasi. “Satu pelamar yang tidak lulus seleksi administrasi yaitu Kepala Dinas Kepemudaan, Olah Raga Dan Pariwisata Sugeng Wiyanto, yang menyerahkan berkas melewati batas waktu pendaftaran,” terang Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Probolinggo Samsul Huda, Senin siang.

Pria berkacamata itu menyampaikan bahwa tujuh peserta seleksi calon sekda Kabupaten Probolinggo itu semuanya hadir pada assessment di Surabaya. “Materinya banyak. Yang tahu hanya peserta sendiri dan assessor. Terakhir nanti akan diumumkan hasilnya,” ungkapnya.

Seperti diketahui, seleksi ini dilakukan karena Sekda Kabupaten Probolinggo Soeparwiyono bakal purna tugas pada Desember mendatang. Selanjutnya, seleksi dilaksanakan sesuai UU  5 / 2014 tentang aparatur sipil negara, dan peraturan terkait lainnya. Proses seleksi dilakukan Panitia Seleksi Terbuka Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo.

Pendaftaran calon sekda telah dibuka sejak Senin (7/11/2022) dan ditutup pada Jumat (11/11/2022) pukul 11.00. Untuk pendaftaran ini, panitia seleksi berkantor di BKPSDM Kabupaten Probolinggo.

Sedangkan tahapan lanjutan yang bakal dilalui para peserta seleksi adalah penulisan makalah pada Rabu (16/11/2022), di Hotel Luminor, Jemursari, Surabaya. Penulisan makalah diketik secara mandiri menggunakan laptop pribadi. “Durasi waktu penulisan makalah maksimal tiga jam,” ungkap Samsul Huda.

Setelah itu masih ada tahapan wawancara, presentasi makalah, dan penelusuran rekam jejak oleh panitia seleksi pada Kamis (17/11/2022), "pungkasnya. (NITRO-YOGA)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"