Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Selasa, 06 Desember 2022

TNI Angkatan Laut Memperingati Hari Armada RI Ke-77, Lanal Aru Gelar Upacara di Mako Lanal Aru


Kepulauan Aru, SNN.com - TNI Angkatan Laut Aru, pagi ini, Selasa (05/12/2022) melaksanakan upacara peringatan Hari Armada Republik Indonesia ke - 77.

Pantauan media ini, ada suasana berbeda di lapangan Apel Arafuru Markas Komando (Mako) Lanal Aru Batu Meja, Jl. Trikora, Dusun Durjela, Kecamatan Pulau-pulau Aru, Kabupaten Kepulauan Aru, Provinsi Maluku.

Nampak prajurit TNI AL yang bertugas mengamankan  wilayah teritorial berjuluk bumi Jargaria Sakwarisa Indah Lestari itu berbaris rapi mengikuti upacara bersenjata dalam rangka memperingati Hari Armada Republik Indonesia Tahun ke - 77 Tahun 2022.

Danlanal Aru, Letkol Laut (P) R. Heru Cahyono, S.Sos., M.A., CHRMP bertindak langsung selaku Inspektur upacara. Sementara Dankal Pulau Trangan III-09-06, Lettu Laut (P) Edy Dwi Widada bertindak selaku komandan Upacara , dan Perwira upacara Paur Minlog Lanal Aru, Letda Laut (S) Ruji Arifin.

Dalanal Aru, Letkol Laut (P) R. Heru Cahyono, saat membacakan amanat Kepala Staf TNI Angkatan Laut, Laksamana Yudo Margono intinya mengatakqn, pada hari yang istimewa ini, dengan rasa bangga saya kembali berdiri di hadapan para Prajurit ksatria perkasa di tengah samudera.

Para punggawa Armada Republik Indonesia, hari ini kita torehkan sejarah, untuk pertama kali hari armada kita peringati secara terpusat di Tanjung Pinang, Kepulauan Riau. Di tanah para Pahlawan Bahari, Sultan Mahmud Riayat Syah dan Raja Haji Fisabilillah membangun dan mengerahkan Armada laut yang tangguh mengusir penjajah dari bumi Pertiwi. 

"Nilai-Nilai-nilai perjuangan dan semangat pengorbanan mereka akan selalu menginspirasi setiap langkah pengabdian kita kepada negara dan bangsa yang kita cintai ini," tandas Danlanal. 


Lanjut, hari Armada RI tahun ini tidak hanya istimewa dan bersejarah, namun juga memiliki nilai strategis dengan resminya perpindahan Mako Koarmada beserta Satuan Jajaran. 

"Hal ini merupakan bentuk kepekaan TNI Angkatan Laut terhadap dinamika lingkungan yang terus berubah” dan berkembang," ujar Danlanal.

Dikatakan pula bahwa, situasi dunia dan kawasan yang bergerak sangat dinamis membangun dan menata kekuatan, agar dapat merespon setiap ancaman terhadap kedaulatan negara dan keamanan laut nusantara secara cepat, tepat dan efektif.

Selanjutnya, penataan organisasi perlu dilakukan, baik melalui validasi organisasi maupun relokasi Satuan, dengan prinsip keterpaduan, efektifitas KODAL serta penyebaran distribusi kekuatan. Hal ini selaras dengan geografi Indonesia yang menuntut kehadiran kekuatan Armada RI di seluruh penjuru nusantara, khususnya di daerah-daerah rawan dan corong-corong strategis. 

Oleh karena itu, melalui pemindahan Mako Koarmada 1 dan Satuan Jajaran, akan meningkatkan mobilitas dan mempercepat waktu reaksi pengerahan kekuatan kapanpun dan dimanapun dibutuhkan. 

"Saya menyadari, langkah besar yang kita ambil ini tentu saja membawa konsekuensi yang tidak mudah serta membutuhkan kesadaran, keikhlasan, serta semangat dan kerja keras kita semua. Namun Saya yakin, dengan dilandasi tekad dan niat yang tulus untuk mengabdi kepada Ibu Pertiwi,  segala rintangan dan kesulitan akan dapat kita lalui bersama-sama," ungkapnya.


Ditegaskan, ketahuilah, bangsa ini memberi hormat yang setinggi-tingginya kepada kalian, ksatria benteng Samudera. Karena kalian telah memilih jalan pengabdian yang terhormat kepada Ibu Pertiwi. Kalian tidak sekedar rela meninggalkan keluarga, tetapi kalian bahkan siap mengorbankan jiwa dan raga untuk kejayaan Indonesia selamanya. Kalian tidak membutuhkan imbalan dan pujian, karena kalian hanya memenuhi panggilan kewajiban. 

"Untuk itu, sekali lagi Saya mengucapkan terima kasih dan rasa bangga yang sedalam-dalamnya, atas segala Dharma Bakti yang telah kalian berikan kepada negara yang amat kita cintai ini. Atas nama seluruh jajaran TNI Angkatan Laut, saya mengucapkan “DIRGAHAYU ARMADA REPUBLIK INDONESIA". Teriring doa dan harapan agar Armada RI senantiasa “Menjadi Ksatria Pengawal Samudera, untuk Kejayaan Maritim Indonesia," ucap Letkol Laut (P) R. Heru Cahyono mewakil Kasal Laksamana Yudo Margono.

Reporter : Nus Yerusa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"