Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Kamis, 27 April 2023

2 Hidangan Khas Bojonegoro yang Siap Goyang Lidah Anda

Bojonegoro, SNN.com - Kabupaten Bojonegoro memiliki banyak kekayaan kuliner. Banyak inovasi kuliner yang menjadi hidangan khas Bojonegoro. Dua di antara hidangan khas tersebut memenangi lomba memasak yang digelar Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Keluarga Berencana (DP3AKB), Kamis (27/4/2023).

Dua hidangan khas Bojonegoro yang menjadi juara lomba tersebut adalah Mi Paralon Pangsit Patin Buah Melon dari Kecamatan Sumberrejo dan Buah Rimba/Markisa Hutan dari Kecamatan Tambakrejo. Dua hidangan tersebut merupakan pemenang dari lomba yang diikuti perwakilan 28 kecamatan di wilayah Bojonegoro.

Dalam sambutannya, Bupati Bojonegoro Anna Mu'awanah memuji kreativitas para peserta dalam memodifikasi makanan. Bahan yang sederhana diolah menjadi menu masakan yang khas dan punya rasa yang siap menggoyang lidah.

"Saya bertanya bagaimana cara membuatnya, ternyata dengan mengambil sari melon dan dicampur dengan tepung kemudian dibuat adonan mi," katanya. Menurut Bupati, Mi Paralon Pangsit Patin Buah Melon merupakan penemuan baru di bidang kuliner. 

Selain olahan sari melon, Bupati juga memuji olahan kuliner dari kekayaan alam di Kecamatan Tambakrejo yaitu Markisa Hutan/Buah Rimba. Bupati menuturkan baru pertama kalinya melihat buah markisa hutan diolah menjadi kuliner. Dan ini merupakan potensi wisata lokal. 

"Saya mengapresiasi para pemenang dari Kecamatan Sumberrejo dan Kecamatan Tambakrejo," tambah Bupati Anna. 

Bupati Anna berpesan kepada Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Bojonegoro untuk terus membudidayakan dan mempromosikan kedua hidangan tersebut sebagai produk unggulan. 

Reporter:Muri/Kominfo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"