Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Jumat, 08 Maret 2024

Kepala Desa Kertosuko Tidak Hadir di Musyawarah Desa (MUSDES)

Probolinggo, SNN.com - Desa Kertosuko kecamatan krucil kabupaten Probolinggo Selasa 5-03-2024 pada jam 10 bertempat di kantor desa Kertosuko mengadakan MUSDES yang di hadiri semua perangkat desa dan juga dari kecamatan, Koramil 0820/25, Polsek krucil,  namun sangat di sayangkan dalam acara tersebut tidak ada kepala desa selaku orang yang paling penting dalam acara tersebut, padahal acara tersebut tidak bisa berjalan dengan baik tanpa kehadiran kepala desanya. Seharusnya kepala desa di wajibkan hadir dalam acara musyawarah Desa (MUSDES) yang membahas terkait dengan penghapusan.

Musyawarah desa merupakan proses pengambilan keputusan yang melibatkan semua pemangku kepentingan desa untuk membahas masalah-masalah yang dihadapi dan mencari solusi bersama. Musyawarah desa memiliki tujuan untuk memperoleh kesepakatan bersama dalam mengambil keputusan yang berkaitan dengan pembangunan dan pemerintahan desa. Dalam musyawarah desa, kepala desa memainkan peran penting sebagai pemimpin dan fasilitator.

Kepala desa memiliki beberapa tanggung jawab penting dalam menjalankan musyawarah desa. Tanggung jawab ini meliputi:

Membuka dan memimpin musyawarah desa
Mengundang semua pemangku kepentingan desa untuk menghadiri musyawarah desa,Memastikan setiap pemangku kepentingan desa memiliki kesempatan yang sama untuk berbicara dan menyampaikan pendapat, Menjaga ketertiban dan kedamaian dalam musyawarah desa, Mempromosikan dialog dan diskusi yang konstruktif antara semua pemangku kepentingan desa, namun tidak dengan desa Kertosuko kecamatan krucil yang mengadakan (MUSDES) tidak ada kepala desanya 

(Sahi/team)

1 komentar:

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"