Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Jumat, 20 Mei 2022

Dewan TIK : Jadi Informasi Masyarakat, Portal Satu Data Kominfo Kabupaten Bojonegoro


Bojonegoro, SNN.com - Pemkab Bojonegoro terus berupaya memperbaiki sistem informasi berbasis digital. Portal satu data yang di kembangkan oleh Dinas Kominfo Kabupaten Bojonegoro menjadi salah satu terobosan dalam upaya keterbukaan informasi publik ( KIP ).

Lewat laman data.bojonegorokab.go.id, masyarakat bisa dengan mudah memperoleh data - data atau big data yang di perlukan dengan mudah dan cepat. Data yang di peroleh juga cukup detail.

Sehingga, laman tersebut bisa menjadi rujukan atau referensi dalam penulisan berita maupun penelitian. Dinas Komunikasi dan Informasi ( Kominfo ) Kabupaten Bojonegoro terus mengasah dan memperbarui konten satu data agar akurat.

Berdasar Peraturan Bupati ( Perbup ) Nomor 17 Tahun 2021 tentang Satu Data Kabupaten Bojonegoro, peran satu data untuk mewujudkan keterpaduan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, serta pengendalian pembangunan antara Pemerintah Pusat dan Daerah. Juga untuk memperoleh data mutakhir, akurat, terpadu, dapat dipertanggung jawabkan, mudah di akses, dan di bagi pakaikan.

Data yang bisa di dapatkan dari portal satu data di antaranya capaian kinerja indikator makro Pemkab Bojonegoro. Kemudian, ada data dari masing - masing organisasi Perangkat Daerah ( OPD ).

Menurut Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi ( TIK ) Bojonegoro Boedy Irhadtanto atau biasa di sapa Totok, portal satu data dalam praktiknya bukan hanya komitmen Kepala Daerah, tapi juga semua OPD. Karena semangat portal satu data mendorong transparansi kinerja kepada publik berbasis data.

“ Portal satu data Pemkab sudah ke arah yang benar. Tapi harus perlu optimalisasi, khususnya peran antar OPD memaksimalkan kinerja. Semua harus bertransformasi secara digital,” katanya.

Portal satu data, lanjut dia, bukan hanya di manfaatkan pembuat kebijakan. Tapi, juga bisa di manfaatkan jurnalis maupun peneliti sebagai bahan rujukan. “ Jurnalisme berbasis data berupa infografis bisa menyajikan berita menjadi lebih kaya informasi, kredibel, dan akurat. Peneliti pun butuh data sebagai rujukan karya ilmiahnya,” terangnya.

Di Bojonegoro juga akan di terapkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik ( SPBE ). Sehingga perlu ada peningkatan kualitas sumber daya manusia ( SDM ) di tiap OPD.“ SPBE nantinya juga akan di kuatkan dengan Perbup,” terangnya.

Ia mengapresiasi peran Dinkominfo Bojonegoro yang sudah ke arah bagus. Meski demikian, tetap perlu ada peningkatan sinkronisasi dan integrasi antar OPD. Tujuannya agar informasi yang di sajikan benar - benar berbasis data akurat. ( AGUS ).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"