Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA



Minggu, 29 Mei 2022

Pangkoarmada III Resmikan Masjid Jabal Nur di Mako Lanal Aru


Kepulauan Aru, SNN.com – Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III, Laksama Muda TNI Irvansyah, S.H., CHRMP, M.Tr.Opsla didampingi 
Ketua Daerah Jalasenastri Armada III, Ny. Yuanita Irvansyah meresmikan Masjid Jabal Nur di Markas Komando Lanal Aru, Batu Meja, Dusun Belakang Wamar, Sabtu (28/5/2022).

Dalam sambutannya, perwira tinggal TNI AL bintang dua itu menyampaikan ucapkan terima kasih dan penghargaan kepada semua pihak yang telah bekerja keras dan menyumbangkan pikiran, tenaga dan bantuannya untuk pembangunan Masjid Jabal Nur di Mako Lanal Aru.

Semoga keindahan dan kemegahan masjid ini dapat digunakan dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk mendukung ibdah sholat berjamaah dan kegiatan keagamaan lainnya. Yang paling penting kiranya melalui masjid ini, kita juga bisa menambah dzikir dan doa kita, seraya terus menaburkan Islam sebagai rahmat bagi semesta alam.

"Demikianlah pesan dan harapan saya. Dan akhirnya dengan memohon ridho Allah SWT serta dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, saya resmikan Masjid Jabal Nur di Lanal Aru ini," ujarnya.

Sementara Komandan Lanal Aru, Letkol Laut (P) R. Heru Cahyono, S.Sos., M.A., CHRMP dalam sambutannya mengisahkan sejarah singkat berdirinya Masjid. Jami Jabal Nur di Mako Lanal Aru.


Dikisahkan, pembangunan Masjid Jami’ Jabal Nur diprakarsai oleh Komandan Lanal Aru pada masa jabatan Letkol Laut (P) Choirur Roziqin dikarenakan Mako Lanal Aru belum memiliki tempat ibadah. 

"Masjid ini dibangun pada dataran tertinggi di lingkungan Mako Lanal Aru dan pemberian nama Jabal Nur terinspirasi oleh  gunung yang berada di Kota Makkah. Di gunung tersebut terdapat sebuah goa kecil berukuran 1,75 hasta yang dikenal sebagai Gua Hiro tempat dimana Nabi Muhammad menerima wahyu pertama dari Allah SWT melalui malaikat Jibril," ucap Danlanal.


Pembangun Masjid ini juga ucap Danlanal mendapat dukungan dari Pemerintah Daerah dan masyarakat kepulauan Aru. Peletakan batu pertama Masjid Jami’ Jabal Nur dilaksanakan pada tanggal 20 Mei 2021 oleh Bapak Bupati kepulauan Aru. 

"Dan pertama kali digunakan oleh Prajurit Lanal Aru pada tanggal 5 November 2021 sampai sekarang," ucap Danlanal.

Reporter : Nus Yerusa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"