Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA



Rabu, 28 September 2022

Babinsa Banyuanyar Dampingi Tim Monev Pembangunan Saluran Irigasi Desa Klenang Lor


Probolinggo, SNN.com - Gencarnya pola pembangunan di desa seiring dengan pola pengawasan. Pembangunan yang berafa di wilayah Kecamatan Banyuanyar terlihat lebih menonjol dengan lebih aktifnya perangkat kecamatan termasuk perangkat desa dalam membentuk tim pengawasan pembangunan di wilayahnya. Ini pula yang terjadi di desa Klenang Lor.

Tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) dari Kecamatan  Banyuanyar didampingi oleh Babinsa Koramil 0820/20 Banyuanyar jajaran Kodim 0820/Probolinggo. melakukan pengecekan pemanfaatan dana desa (DD) dalam pembangunan saluran irigasi sepanjang 160 meter di desa Klenang Lor  Kecamatan Banyuanyar Kabupaten Probolinggo pada Rabu (28/09/2022). 

Terdiri dari atas tim pengawasan mulai dari perencanaan, pelaksanaan sampai dengan pengawasan hasil akhirnya yang sering dikatakan umum dalam kalangan pemerintahan dengan istilah "Monev" dari kepanjangan monitor dan evaluasi. 

Proses monitoring dan evaluasi pelaksanaan pekerjaan merupakan tahap yang penting untuk melihat pencapaian pekerjaan dalam mengatasi masalah pembangunan yang ingin dipecahkan. Monitoring dan evaluasi ini digunakan untuk menilai efisiensi, efektivitas, ataupun manfaat  dari suatu pekerjaan.

Peran Babinsa dalam Mengawal dana Desa beserta Alokasi nya adalah untuk Mengetahui Kegiatan pembangunan yang bersumber dari Anggaran Dana Desa.Pengecekan tersebut dilakukan untuk memastikan penggunaan DD efektif dan tepat sasaran.

Pada kesempatan tersebut, Babinsa Koramil 0820/20 Banyuanyar Serma F Rohman memberikan saran dan masukan untuk menjaga kualitas dan kuantitas pekerjaan sesuai dengan RAB/RPD, tertib administrasi, dan melengkapi beberapa data dukung yang belum lengkap karena tugas fungsi sinergi tiga pilar Desa, juga ikut serta memonitor penggunaan DD maupun ADD.

“Selaku Pembina Desa,kami mengajak kepada pemerintah desa untuk senantiasa menjaga dan menjalankan amanat rakyat ini terlebih kualitas maupun kuantitasnya,” pungkasnya( Pendim 0820)

Reporter : Arini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"