Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA



Jumat, 30 September 2022

SERDA EDI SUGIONO, MOTIVASI PROSES PENGGEMUKAN 1000 SAPI


Probolinggo, SNN.com - Babinsa Koramil 0820/09 Lumbang Serda Edi Sugiono memberikan dukungan serta memotivasi kepada  Koperasi peternakan sapi KJU UB Langgeng Basuki di Wilayah Binaanya desa lumbang Kecamatan Lumbang Kabupaten Probolinggo. Jumat (30/9/2022)

Edi Sugiono menjelaskan sebagai Bintara Pembina desa, dirinya terpanggil untuk memajukan program desa 1000 sapi dari pemerintah,bekerjasama dengan KJU Langgeng Basuki sebagai pelaksana program. 

ini merupakan salah satu Upaya Khusus (Upsus) Para Babinsa untuk memberdayakan masyarakat agar lebih produktif, selain itu untuk mendukung program Pemerintah dalam rangka meningkatkan produksi pangan, dalam hal ini daging sapi.

Semoga kegiatan seperti ini dapat dikembangkan sehingga dapat menciptakan lapangan kerja untuk masyarakat dan dapat menggerakkan perekonomian masyarakat. Ungkap Babinsa Jebolan dari Batalyon Zeni Tempur 10/Jaladri Palaka.


Rutinitas Kegiatan coper atau perajangan rumput gajah yg berfungsi untuk memaksimalkan jumlah pakan yang termakan oleh sapi. Menghindari sisa rumput yang terbuang sia- sia dan juga mempermudah pencernaan hewan sehingga sapi ternak bisa mengkonsumsi pakan yg cukup sehingga pertumbuhan dan kesehatan ternak lebih bagus.

Menurut wisnu  salah satu pekerja di KJU UB Langgeng Basuki, ditempat ini bukan sekedar hanya mampu memelihara sampai menghasilkan sapi yang baik dan berkualitas saja, tetapi memilih bibit sapi sesuai dengan permintaan pasar dan mengetahui bagaimana pembuatan kandang yang ideal serta cara pemeliharaan sangat menentukan. 

Pemeliharaan kesehatan untuk pengemukan sapi penting, pemeliharaan sapi ini meliputi kebersian kandang, pemberian nutrisi pakan yang pas sesuai dengan kebutuhan sapi dan pencegahan supaya sapi selalu sehat, haruslah diperhatikan kapan waktu yang tepat untuk pemberian vitamin dan obat-obatan agar sapi tumbuh sehat siap untuk dilepas kepasaran. “terang wisnu.( Pendim 0820)

Reporter : Arini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"