Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA



Sabtu, 24 September 2022

Kemeriahan Karnaval HUT ke 77thn Dan Selamatan Desa Sumberbulu Tegalsiwalan Tahun 2022


Probolinggo, Dalam rangka memeriahkan Kemerdekaan RI ke-77 dan selametan desa Sumberbulu Kecamatan Tegalsiwalan  Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur menggelar kegiatan Karnaval dan arak- arakan ancak, sabtu (24/09/22) Pukul. 11:00 Wib. Sampai dengan selesai.

Kegiatan dilaksanakan dijalan desa, Start dimulai dari Dusun Tegal juwet dan finish di lapangan serbaguna dusun Krajan. Kegiatan ini di buka oleh Wicaksono Sekcam Tegalsiwalan, Kades Sumberbulu SUKMAWATI S.E, serta  jajaran perangkat Desa, panitia, juri penilai, AKD Desa semberbulu, Linmas, dan para peserta karnaval yang di ikuti seluruh dusun yang ada di Desa sumberbulu sebanyak peserta 27 peserta

Dari pantauan media SNN berbagai kreatifitas seni di tampilkan oleh warga masyarakat Desa sumberbulu seperti tari ogo ogo, prahu layar, serta pembukaan tari rerere dari desa Sumberklidung juga ikut memeriahkan kegiatan karnaval dan Masih banyak lagi lainnya. Selain itu, ada juga ancak hasil bumi yang di arak dari stat sampai finis, yang nantinya akan di doakan sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT yang kemudian ancak-ancak tersebut di bagikan ke pengunjung atau sering disebut cabutan.

Kepala Desa Sumberbulu mengatakan, jika selamatan desa ini rutin di laksanakan setiap tahunnya . Selain itu juga, dalam rangka memeriahkan HUT kemerdekaan RI ke-77 

“Hampir tiga tahun ini, kegiatan seperti ini tidak terlaksana dikarenakan ada pandemi Covid-19. Jadi beberapa tahun ini, Desa Sumberbulu hanya melaksanakan dengan kegiatan yang sederhana. Tapi  di tahun ini, kegiatan seperti ini boleh di laksanakan. Makanya Desa sumberbulu hari ini menggelar acara selamatan desa yang bertepatan juga dengan HUT kemerdekaan RI ke-77 dan selamatan desa tutur kades perempuan satu satunya di Kecamatan Tegalsiwalan ini.

Lebih lanjut, SUKMAWATI menyampaikan ucapan terima kasih kepada para panitia dan warga masyarakat Desa Sumberbulu yang sangat mendukung acara ini, sehingga acara ini bisa terlaksana dengan meriah.

“Kegiatan ini tidak akan terlaksana tanpa dukungan dan partisipasi dari panitia maupun warga masyarakat Desa sumberbulu. Semoga tahun depan kegiatan ini bisa lebih meriah lagi,” pungkasnya.

Meski terik panas menyengat, tak menyurutkan semangat para peserta karnaval dalam menyemarakkan kegiatan ini. Begitu juga dengan para penonton yang sangat antusias menyaksikan karnaval ini.

Sementara Kades Sumber klidung JAENANDI SATRIO yang sudah menunggu di finish sekaligus tamu Undangan, datang ke Sumberbulu hanya ingin menyaksikan karnaval ini mengatakan, sudah lama menunggu acara ini, karena setiap ada kegiatan karnaval atau selamatan desa, dirinya selalu datang untuk menyaksikannya bersama keluarganya.

“Setiap ada kegiatan karnaval atau selamatan Desa di Sumberbulu, saya bersama keluarga selalu datang untuk memenuhi undangan dan menyaksikan acara ini,” ucapnya sambil antusias mengambil foto arak-arakan karnaval.

Acara pawai karnaval berjalan dengan aman dan lancar, Acara dilanjutkan dengan cabutan atau merebutkan gunungan hasil bumi yang sudah ada di arak yang sebelumnya sudah di do’akan.

Kegiatan Desa Sumberbulu belum selesai disini, sabtu malam minggu tanggl 1 oktober nanti juga akan dilaksanakan hiburan orkes yang bintang tamunya LALA WIDI sidoarjo dan LAWAK cak SUKKUR CS dari kabupaten probolinggo serta pembagian hadiah pemenang 1 2 3 harapan faforit. (Arini/Memet)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"