Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA



Selasa, 27 September 2022

Camat Melak Sukses Selenggarakan Rangkaian HUT RI ke-77. Mauliddin : Dongkrak Roda Perekonomian Masyarakat Setempat

Camat Melak: Mauliddin S. S. Kep. Ns. M. Ke

Kutai Barat, SNN.com - Pemerintah Kecamatan Melak Kabupaten Kutai Barat (Kubar) mendapat apresiasi dari Bupati FX Yapan, setelah sukses menggelar sejumlah rangkaian kegiatan mulai dari Pawai Pembangunan, Pameran Kuliner, hingga perlombaan Tarian dan Lagu Daerah dalam rangka menyemarakkan Peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke - 77.

Kegiatan spektakuler yang digagas Camat Melak Mauliddin S. S. Kep. Ns. M. Ke, tersebut mendapat sambutan baik dari masyarakat Melak dan sekitarnya hingga pejabat daerah.

Salah satunya mendapat apresiasi Bupati Kubar FX Yapan melalui sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Asisten II Setkab Kubar Rahmat saat acara penutupan rangkaian kegiatan HUT RI yang diselenggarakan Pemerintah Kecamatan Melak sejak tanggal 20 Agustus hingga 28 September 2022.

"Melalui penyelenggaraan lomba ini,
sudah jelas bahwa Kecamatan Melak amat sangat peduli dengan keberadaan seni budaya yang juga merupakan identitas kita dalam kehidupan sosial bermasyarakat," Ujar Rahmat saat membacakan sambutan Bupati FX Yapan sekaligus menutup kegiatan tersebut pada Sabtu malam (24/9/2022).

Rahmat juga menambahkan, dengan memaknai tema Nasional "Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat".

Camat Melak Mauliddin terbilang cukup sukses menyelenggarakan berbagai kegiatan lomba mulai dari Pawai Pembangunan, Tari Daerah, Tari Jepen, Tari Kreasi Tingkat SD/Umum, Lomba Karaoke dan Lomba Bemamai (Lomba Ngomel).

"Ini merupakan bagian dari pengayaan pelestarian seni dan budaya yang sudah menjadi warisan dari leluhur kita, terutama bagi generasi muda yang saat ini berhadapan dengan globalisasi, seiring kemajuan teknologi komunikasi dan informatika," Ujar Camat Melak.

Tak hanya itu, Rahmat juga mengimbau melalui kegiatan semacam ini, hendaknya agar menjadi momentum bagi masyarakat luas, khususnya masyarakat kecamatan Melak untuk meningkatkan kembali betapa pentingnya hubungan sosial antar seluruh lapisan masyarakat dengan semangat kemerdekaan yang didapat melalui perjuangan dan pengorbanan para pendahulu kita, "sambungnya.


Camat Melak Mauliddin juga menyebutkan, lewat kegiatan tersebut dapat mendongkrak roda perekonomian masyarakat setempat.
"Melalui kegiatan ini masyarakat dari berbagai Kecamatan datang ke Kecamatan Melak, tentu ini berdampak terhadap roda perekonomian warga di wilayah kami ini dan Alhamdulillah tidak sedikit saudara-saudara kami di Kecamatan Melak ini yang mendapat rezeki melalui kegiatan ini.

Bahkan beberapa masyarakat secara langsung menyampaikan kepada kami pemerintah kecamatan dan berterimakasih bahwa dengan adanya kegiatan yang digagas Camat Melak ini kami sangat terbantu secara ekonomi kami jadi meningkat, "Ujar Mauliddin meniru ucapan masyarakat.

Ia juga menambahkan, Tujuan Pemerintah Kecamatan, disamping memberikan, kenyamanan, rasa aman dan pelayanan yang baik kepada masyarakat, pihaknya juga berperan  bagaimana bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah Kecamatan Melak.

"Hanya itu tujuan kami, ini hanyalah ibadah yang kami laksanakan. Mudah-mudahan Allah mencatat apa yang sudah kami perbuat, amin," Ucap Mauliddin.

Secara terpisah media ini mengkonfirmasi melalui pesan singkat kepada Camat Melak Mauliddin menyebutkan. Usai kegiatan di panggung kecamatan Melak ini akan ada lagi kegiatan yang tidak kalah hebohnya yakni memperingati hari jadi Kecamatan Melak yang ke - 221 Tahun 1802 - 2022 dan Pemerintah Kecamatan Melak ke - 110 Tahun 1912 - 2022.

Dimana kegiatan ini akan digelar di pesisir Mahakam kecamatan Melak di Mulai pada tanggal 3 Oktober 2022 jam 09.00 wita.

Camat Melak Mauliddin menyebutkan bahwa agenda besar yang digelar di pesisir Mahakam kecamatan Melak tersebut diisi dengan berbagai macam kegiatan diantaranya:

1.Besawai Melayu 8 orang. Sedangkan yang di Sawai antara lain, Camat Melak, Bupati Kutai Barat, Wakil Bupati, Sekretaris Daerah, Kepala Dinas Pariwisata, Kapolres Kubar, Dandim 0912/Kbr dan Kepala BKAD Kubar Sahadi.

Kemudian usai prosesi upacara adat Kutai dilanjutkan dengan kesenian yaitu Hadrah Melayu. Selanjutnya pemberian Cindera Mata untuk para tamu spesial berupa Selendang khas Melayu. Sedangkan kegiatan atau lomba lainnya diisi dengan Tari Kolosal Jepen yang melibatkan sebanyak 250 orang, Lelang Jajak (Kue), Lomba Ketinting, Perahu Naga, Tarsul (Sejarah Melak) dengan Tembang Bahasa Kutai, "Pungkas Camat Melak Mauliddin S. S. Kep. Ns.M.Ke.

Reporter : Johansyah.
Editor      : Wafa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"