Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA



Kamis, 29 September 2022

Pastikan Tubuh Tetap Sehat, Prajurit Dan PNS Lanal Aru Jalani Uji Pemeriksaan Kesehatan


Kepulauan Aru, SNN.com - Guna mengantisipasi kondisi kesehatan dalam kesiapan melaksanakan tugas pokok, para Prajurit dan PNS Pangkalan TNI AL (Lanal) Aru melaksanakan Uji Pemeriksaan Kesahatan (Urikkes), Kamis (29/09/2022).

Kegiatan Urikkes yang dilaksanakan oleh Diskes Lantamal IX Ambon di Markas Komando (Mako) Lanal Aru Tahun ini dipimpin langsung Ka BP Lanal Aru, Letda Laut (K) dr.Michael Namonang Sitompul, didampingi Paur Polgi Diskes Lantamal IX Ambon, Letda Laut (K) Drg Hendrayani. 

Uji Pemeriksaan Kesehatan ini diantaranya meliputi sampel darah, kesehatan mata, telinga, gigi dan jantung serta pemeriksaan yang lebih lengkap,  dan Elektrokardiografi (EKG).

Pantauan Sorot Nuswantoro News.com di Mako Lanal Aru, Urikes tersebut disambut dengan antusias yang tinggi oleh seluruh personel dan  PNS Lanal Aru. Terbukti, seluruh Prajurit dan PNS Lanal Aru hadir untuk mengikuti Urikkes tersebut.

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Aru, Letkol Laut (P) R. Heru Cahyono, S.Sos., M.A., CHRMP., disela-sela kegiatan itu 
menyampaikan bahwa Urikkes ini dilaksanakan dalam rangka mengetahui sejauh mana tingkat kesehatan prajurit dan PNS yang berdinas di Lanal Aru.

"Nah, Urikkes itu sangat penting dilakukan maka saya telah menginstruksikan kepada seluruh Parajurit Lanal Aru untuk wajib mengikutinya, karena dengan memiliki tubuh yang sehat dapat menunjang keberhasil tugas-tugas yang diemban Lanal Aru,” Ujar Danlanall Letkol Laut (P) R. Heru Cahyono


Kegiatan ini lanjut Danlanal, juga dilaksanakan sebagai upaya untuk mendeteksi dini bagi setiap prajurit dan PNS Lanal Aru apabila mengalami kelainan kesehatan atau penyakit, sehingga dapat diambil langkah-langkah pencegahan dini serta pengobatan dalam rangka pemulihan kesehatan bagi setiap prajurit dan PNS Lanal Aru.

"Hal ini untuk mengantisipasi kondisi kesehatan para Prajurit Lanal Aru dalam kesiapannya melaksanakan tugas - tugas pokok kedepan," jelas Danlanal.

Terpisah, Paur Polgi Diskes Lantamal IX Ambon, Letda Laut (K) Drg Hendrayani, mengatakan bahwa Uji Pemeriksaan Kesehatan (Urikes) kali ini meliputi pemeriksaan kesehatan umum pada seluruh prajurit Lanal Aru yang dilanjutkan dengan tes rekam jantung.

Sementara Ka BP Lanal Aru, Letda Laut (K) dr.Michael Namonang Sitompul, mengatakan bahwa Urikes rutin terhadap prajurit Lanal Aru ini setiap tahun dilaksanakan dalam rangka pengecekan kondisi kesehatan seluruh prajurit demi mendukung tugas sehari–hari maupun tugas operasi.


"Hasil urikes juga merupakan salah satu syarat bagi personel yang bersangkutan untuk memenuhi persyaratan mengikuti pendidikan, penugasan, penempatan jabatan dan Usulan Kenaikan Pangkat (UKP)," ucap Letda Laut (K) dr.Michael Namonang Sitompul,

Sedangkan tujuan diadakannya Urikes ini tambah Letda (K) dr Michael Namonang Sitompul adalah, untuk mendeteksi sedini mungkin kesehatan dari prajurit dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Lanal Aru guna mendukung pelaksanaan tugas pokok kedepan.

Harapannya, dengan diadakan Urikes ini adalah untuk mencegah sedini mungkin terhadap hal-hal yang tidak diinginkan, sehingga dapat lebih cepat untuk penanganan dan perawatannya apabila ditemukan permasalahan kesehatan prajurit.

Reporter : Nus Yerusa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"