Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA



Senin, 14 November 2022

Babinsa Gending Bersama Dinkes Dan Masyarakat Lakukan PSN Dilanjutkan Fogging


Probolinggo, SNN.com - Upaya pengendalian dan antisipasi berkembang-biaknya penyakit demam berdarah dan cikhungunya terus dilakukan. Bukan hanya instansi pemerintah, namun aparat TNI dalam hal ini koramil 0820/ 19 Gending bersama Dinas kesehatan memerangi penyakit ini di lingkungan warganya berlokasi di Desa Curahsawo Kecamatan Gending Kabupaten Probolinggo,Senin(14-11-2022)

kegiatan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) maupun upaya pengasapan (fogging) terus dilakukan Sebagai bentuk antisipasi berkembang-biaknya Nyamuk Aedes Aegypti dan menyebarnya penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Dengan cara melakukan pemeriksaan jentik - jentik nyamuk di tempat genangan/tempat penampungan air yang berpotensi menjadi sarang nyamuk serta membagikan ABATE gratis kepada warganya.

Dalam kegiatan tersebut, Babinsa Curahsawo Serda Seno mengajak masyarakat agar peduli terhadap lingkungan untuk mengantisipasi penyebaran penyakit DBD yang disebabkan oleh nyamuk Aedes Aegypti.

"kami minta agar warga peduli lingkungan. Salah satu caranya dengan menjaga kebersihan lingkungan sekitar, dengan tidak membiarkan air tergenang ,” jelasnya.

Menurutnya Warga dapat berperan serta dengan langkah 3M, yakni menguras, menutup, dan mengubur barang-barang yang tidak diperlukan. Barang-barang yang tidak terpakai dapat berpotensi menjadi sarang nyamuk penyebab DBD. Selain langkah 3M , tindakan untuk antisipasi penyebaran DBD dapat dilakukan dengan cara pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dengan melaksanakan pengasapan atau Fogging ,” pungkasnya.

Danramil 0820/ 19 Gending Kapten Inf Yahuddin Menuturkan bahwa selain kegiatan pengasapan atau fogging tersebut, dilakukan sebagai antisipasi memutus mata rantai berkembangnya Nyamuk Aedes Aegypti dan menyebarnya penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), pihaknya juga melakukan upaya edukasi dengan melakukan gerakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) ke warga di wilayah binaannya.

”Untuk Mengatisipasi memutus mata rantai berkembangnya Nyamuk Aedes Aegypti dan menyebarnya penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kecamatan Gending seiring musim penghujan seperti saat ini, kita dari TNI khususnya koramil 0820/ 19 Gending bekerjasama dengan Dinas Kesehatan berupaya mengantisipasi penyebaranya dengan kegiatan PSN dan Fogging , “ujar Kapten Inf Yahuddin.

“Kami akan terus melakukan antisipasi, Untuk itu kita perlu penanganan yang serius terhadap bahaya DB, dan kami akan terus melakukan monitoring ke seluruh wilayah binaan sampai ketingkat bawah, serta kami harapkan kepada lapisan masyarakat untuk turut peduli berperan aktif dalam upaya pencegahan dini dengan melakukan kebersihan dilingkungan masing-masing,” pungkasnya. Tutup Danramil. (Pendim0820).

Reporter : Arini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"