Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA



Rabu, 23 November 2022

Bangun Maritim Yang Tangguh, Danlantamal IX Gelar Komsos Dengan Elemen Masyarakat di Aru


Kepulauan Aru, SNN.com - Upaya memperkuat pertahanan laut demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat, khususnya masyarakat yang tinggal di daerah pesisir terus dilakukan oleh Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) IX Maluku, Brigadir Jenderal TNI (Mar) Said Latuconsina.

Faktanya, kendati dalam suasana pandemi Covid - 19, perwira tinggi TNI AL asal Maluku ini tak mau duduk berpangku tangan. Berbagai upaya untuk mewujudkan intruksi Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono gencar dilakukan. Salah satunya melaksanakan Komsos dengan elemen masyarakat di wilayah Kepulauan Aru, Rabu (23/11/2022).

Pantauan Sorot Nuswantoro News.com, Kegiatan bertajuk "Melalui Komsosmar TNI AL Siap Membangun Maritim Yang Tangguh Dalam Mendukung Pemberdayaan Pertahanan Laut" itu, dihadiri oleh unsur pemerintah daerah, instansi TNI/Polri dan sipil,  tokoh adat, tokoh masyarakat, swasta yang bergerak di bidang jasa maritim, dan para siswa - siswi Saka Bahari setempat.


Dalam kesempatan itu, dilaksanakan sosialisasi dan pembinaan Potensi maritim, yang dikemas dalam tatap muka guna menyampaikan hal-hal yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat maritim baik itu terkait informasi atau sosialisasi permasalahan dan update kepada masyarakat setempat dalam hal kebijakan pemerintah di Kementerian dan Lembaga khususnya yang bersentuhan langsung dengan masyarakat pesisir dan nelayan, dalam membangun ketahanan maritim, dan untuk menumbuhkan kesadaran bela negara. 

Selain itu, dalam kegiatan tersebut, Danlantamal berkesempatan memberikan Tali asih Life Jacket dan Pembagian Bahan Kontak (sembako) kepada para nelayan dan masyarakat Kampung Bahari Nasional (KBN) binaan Lanal Aru.


Danlantamal IX Maluku, Brigadir Jenderal TNI (Mar) Said Latuconsina kepada awak media mengatakan, tujuan utama dilaksanakan Komsosmar dengan elemen masyarakat adalah untuk memberikan pemahaman tentang manfaat laut bagi masa depan bangsa dan Negara.

"Memang, selama ini TNI AL telah berupaya untuk menjaga laut namun masih ada di antara masyarakat  kita yang berpikiran sempit sehingga merusak ekosistem laut dan melakukan penangkapan ikan dengan menggunakan bahan - bahan peledak. Nah, melalui kegiatan ini kita berikan pemahaman bahwa laut adalah masa depan kita yang harus kita sama - sama jaga dan rawat dengan baik untuk masa depan anak cucu kita," ucap Danlantamal.


Selain itu tambah Danlantamal, dalam kegiatan Komsos yang digelar hari ini, dilaksanakan pula sosialisasi tentang aturan - aturan laut dan perekrutan prajurit TNI AL.

"Harapan kita, melalui kegiatan ini masyarakat lebih paham, lebih mencintai laut dan mencintai TNI Angkatan Laut" tutup Danlantamal.

Reporter : Nus Yerusa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"