Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA



Senin, 14 November 2022

Desa Kunir Kidul Adakan festifal Akbar di Hadiri Bupati dan Wakil Bupati


Lumajang, SNN.com - Festival tahunan yang sempat absen karena Covid 19 yang melanda Indonesia, kali ini Pemerintah Desa Kunir Kidul menggelar Festival Akbar Banjir Tahu bertempat di Lapangan Desa Kunir Kidul, Kecamatan Kunir, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Minggu(13/11/2022), pukul 19.00 WIB 

Festival Banjir Tahu Season 4, di hadiri Bupati Lumajang H.Thoriqul Haq, Wabup Ir. Hj.Indah Amperawati, M.Si, Bukasan,S.H Wakil Pimpinan DPRD Lumajang,Yuli Kadis Pariwisata Kabupaten Lumajang,Kepala BNN Lumajang, Kepala BPN Lumajang,Forkopimka Kunir, Kepala KUA Kunir,Asosiasi Kepala Desa Kecamatan Kunir, dan tokoh Masyarakat, tokoh pemuda, para pengrajin tahu tempeh, dan puluhan ribu masyarakat Kunir Kidul dan sekitar. 

Sebelum acara inti di mulai Bupati dan Wabup Lumajang di hibur dengan Dram Band Karang Taruna Komando,  tari topeng, tari godril, peragaan seni belah diri pandawa, reog, kuda kencak, tari tahu dari sanggar sekar miranti kunir kidul.

Dalam sambutannya Kepala Desa Kunir Kidul Derajat Ali Fatoni,S.H sangat senang dengan kehadirannya Bupati dan Wabup Lumajang di Festival Banjir Tahu Season 4, Ia juga sangat bangga karena Bupati Thoriq berasal dari wilayah Kunir, walaupun bukan asli Kunir Kidul. Kades Kunir Kidul juga bangga pada Wakil Bupati Bunda Indah karena masyarakat Kunir ada ikatan emosional dengan almarhum Bupati  Syahrozad Masdar kakaknya Bunda Indah. 

"Kapan lagi kita bisa bertemu dengan Pak Bupati dan Ibu Wakil Bupati kalau tidak waktu Festival Banjir Tahu. Ini acara yang di tunggu tunggu, kalau tidak ada Pak Bupati dan Ibu Wakil Bupati kesini kemungkinan acara ini cempleng.Karena moment ini yang kita tunggu tunggu dan mudah mudahan tahun depan akan lebih baik dan lebih semarak," harap Kades Kunir Kidul. 

Selanjutnya Cak Thoriq sangat bangga dan mengapresiasi Kepala Desa Kunir Kidul dan panitia atas terselenggaranya Festival Banjir Tahu yang sempat mandeg karena Covid 19.
"Sekarang tahun 2022 kembali ada banjir tahu, ini rasa syukur kita semua, ini syukurane masyarakat Kunir Kidul. Saya berkeinginan banjir tahu masuk di agenda even kegiatannya Pemerintah Kabupaten Lumajang," ungkap Cak Thoriq. 

Menurut Thoriq tahun ini memang masih tidak mempersiapkan karena corona baru kita rasakan selesai tahun ini.Sehingga tahun lalu kita masih belum bisa mengagendakan menjadi even kegiatan Kabupaten. 
" Saya minta bu Yuli Kadis Pariwisata tahun depan masuk agenda even kegiatan pariwisata Kabupaten Lumajang, maksutnya termasuk anggarannya juga,"pinta Thoriq pada Kadis Pariwisata. 

Cak Thoriq melihat beberapa hari ini PKL di Kunir ekonominya berputar dan di Kabupaten Lumajang semakin banyak kegiatan . 
"Ekonomi semakin berputar, ekonomi semakin jalan, hidup ekonominya juga semakin berputar,"ujar Bupati Lumajang. 

Sementara itu Bunda Indah sangat terkesan dengan masyarakat Kunir Kidul yang begitu kompak dengan Pemerintah Desa di dalam melaksanakan kegiatan Festival Banjir Tahu Season 4.Bunda berharap pada masyarakat Kunir Kidul kegiatan ini bisa berdampak pada ekonomi dan kesehjateraan masyarakat. 
"Saya berharap banjir tahu ini bisa mensehjaterakan masyarakat Kunir Kidul," harap Bunda Indah. 

Sebelum acara Gerebeg Tahu, Cak Thoriq minta waktu untuk berpantun. 
"Joko Tingkir klambine wernone ireng, ojo kwater Bunda Indah karo Cak Thoreq tetep bareng".

Dengan pantun tersebut Cak Thoriq berpesan, siapapun yang bertanya tentang dirinya dengan Bunda Indah itu jawabannya. (Arini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"