Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA



Jumat, 04 November 2022

Koramil Wonoasih Bersama Dinas Pertanian Tularkan Metode Hidroponik kepada Pokmas


Probolinggo, SNN.com – Sebagai sarana komunikasi sosial serta mensosialisasikan dan memberikan ketrampilan tentang cara bercocok tanam dengan metode hidroponik, Babinsa Koramil 0820/ 02 Wonoasih  Sertu Yoyok Nurhadi Santoso menghadiri Pelatihan Budidaya Tanaman Hidroponik yang diselenggarakan oleh Pokmas Ketupat Mas Kelurahan  Kedopok Kecamatan Kedopok Kota probolinggo.Kamis ( 3-11-2022)

Adapaun kegiatan tersebut di hadiri oleh Camat Kedopok bapak Imam Cahyadi S.Sos M. Si , perwakilan dari Dinas Pertanian Ibu Reni Agustina S.P , Lurah Kedopok Moh Yunus , Babinsa Kelurahan Kedopok Sertu Yoyok Nurhadi Santoso serta  ibu – ibu Kader PKK Kelurahan  Kedopok yang berjumlah sekitar 40 orang.

Sertu Yoyok Nurhadi Santoso menerangkan bahwa tujuan dari dilaksanakan pelatihan adalah untuk memberikan pengetahuan dan ketrampilan khususnya dalam bidang budidaya tanaman secara hidroponik kepada warga Kelurahan  Kedopok. Warga semakin kreatif melihat situasi dan kondisi saat ini dimana lahan pertanian maupun kebun yang semakin terbatas dengan memiliki keterampilan menanam secara hidroponik.

Kegiatan penyuluhan pertaninan tanaman Hidroponik disampaikan oleh Ibu Dini Cantikawati  kemudian dilanjutkan presentasi pelatihan tentang tata cara budidaya tanaman Hidroponik, bahwa budidaya tanaman Hidroponik kini semakin banyak dilakukan orang karena caranya yang amat mudah dan tidak memakan tempat, “Jenis tanaman yang dapat dikembangkan pun cukup bervariasi, mulai dari sayuran hingga buah-buahan.

Target yang akan dicapai dari pelaksanaan tanam budidaya Hidroponik ini yaitu meningkatkan pemahaman dan Pengetahuan para Ibu oleh Pokmas Ketupat Mas Kelurahan  Kedopok tentang cara menanam sayuran dengan media tanam Hidroponik untuk meningkatkan pendapatan dan meningkatkan kualitas hidup keluarganya.

Lurah Kedopok Moh Yunus, dalam kesempatan tersebut menjelaskan, bahwa adanya pelatihan cara bercocok tanam dengan metode hidroponik yang diberikan oleh Dinas Pertanian tersebut diharapkan bisa menjadi terobosan baru bagi masyarakatnya dalam memanfaatkan lahan pekarangan yang ada.

“ Kami sangat berterima kasih telah diadakan pelatihan ini, mudah-mudahan warga lebih inofatif dan kreatif dalam pemanfaatan lahan kosong di rumahnya terutama ibu-ibu Pokmas Ketupat Mas Kelurahan  ini bisa memahami dan menyerap ilmu yang diberikan sehingga nantinya langsung bisa di praktekan di rumah masing-masing”,jelasnya.( Pendim 0820)

Reporter : Arini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"