Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA



Rabu, 02 November 2022

Polres Banjarnegara Gelar Upacara Pembukaan Diklat Satpam Gada Pratama Tahun 2022


Banjarnegara, SNN.com - Polres Banjarnegara bekerjasama dengan Badan Usaha Jasa Pengamanan (BUJP) PT. Bintang Service Management menggelar pendidikan dan pelatihan (Diklat) Satpam Gada Pratama Tahun 2022 tingkat Polda Jateng.

Upacara pembukaan diklat satpam dipimpin oleh Kasubdit Binsatpam Ditbinmas Polda Jateng AKBP Nunuk Setiowati, S.I.K., M.H di Halaman Mapolres Banjarnegara, Rabu (2/11/2022).

Peserta diklat sebanyak 43 peserta, yang terdiri 41 Pria dan 2 wanita, adapun kegiatan ini digelar selama 14 hari mulai tanggal 2 sampai 15 November 2022 di Politkeknik Banjarnegara.

Kasubdit Binsatpam Ditbinmas Polda Jateng AKBP Nunuk Setiowati, SIK, MH mengatakan, satuan pengamanan swakarsa merupakan mitra dalam mengemban fungsi Kepolisian dilapangan sebagaimana amanat pasal 3 dan 15 dan pasal 36 Undang-undang nomor 2 tahun 2022 tentang Kepolisan Negara Republik Indonesia.

"Pelatihan ini merupakan wujud kepedulian dan keseriusan Polri dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dibidang Kamtibmas," katanya saat memberikan sambutan.


Polri, menurut dia mau tidak mau, harus berperan aktif dalam memberikan koordinasi pengawasan dan pembinaan kepada satuan pengamanan salah satunya dimulai hari ini saat pelatihan.

"Saya harapkan seluruh peserta diklat mengikuti apa yang disampaikan oleh instruktur pelatih dan pembina," ujarnya.

Peserta diklat ini, lanjut AKBP Nunuk, mungkin ada sudah pernah melaksanakan pengamanan, namun demikian sejatinya sebelum mempunyai ijzah dan KTA satpam, maka bukanlah seorang satpam dan tidak berhak memakai seragam. 

"Adanya pelatihan ini kami berharap pada saat pelaksaan tugasnya bisa diandalkan, menjadi satpam yang terpercaya dan profesional," tutur dia.

Terpisah, Kapolres Banjarnegara AKBP Hendri Yulianto SIK, MH mengatakan, sebagai aparatur pembina kamtibmas Polres Banjarnegara bersama instansi terkait berupaya untuk mencetak satuan pengamanan yang handal dan mampu melaksanakan tugas Kepolisian sercara terbatas, sekaligus dalam rangka menuntaskan penganguran di Wilayah Banjarnegara.

"Guna mendorong pertumbuhan ekonomi seiring perkembangan global, maka Pemerintah telah berupaya memberikan kesempatan kepada investor baik dalam maupun luar negeri untuk berinvetasi di Kabupaten Banjarnegara, salah satu wujud yang harus dipenuhi adalah memberikan kenyamanan bagi para pelaku usaha," tandasnya. (NITRO_YOGA)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"