Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Senin, 10 April 2023

Wabup Aru Buka Acara Forum Lintas Perangkat Daerah dan Musrenbang RKPD 2024

Kepulauan Aru, SNN.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Aru menggelar Forum Lintas Perangkat Daerah dan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrenbang) penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2024.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Wakil Bupati, Muin Sogalrey Daya yang berlangsung pada Gedung Gedung Kesenian Sitakena, Senin (10/04/2024).

Dalam sambutannya, wakil bupati dua periode ini mengatakan, Forum Perangkat Daerah dan Musrenbang tingkat kabupaten ini dilaksanakan dalam rangka menyelaraskan program dan kegiatan Perangkat Daerah Tahun 2024 dengan usulan program dan kegiatan hasil Musrenbang RKPD Tingkat Kecamatan Tahun 2024.

"Penyelarasan program dan kegiatan pembangunan daerah harus dengan sasaran dan prioritas provinsi dan Klarifikasi program, kegiatan dan sub kegiatan yang merupakan kewenangan pemerintah daerah kabupaten dengan program-program kegiatan desa yang diusulkan berdasarkan hasil Musrenbang kecamatan dalam Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD)," tandas Sogalrey.

Iapun mengingatkan agar dalam menyusun dan membahas program dan kegiatan yang direncanakan oleh Perangkat Daerah dan disandingkan serta diselaraskan dengan program dan kegiatan Hasil Musrenbang RKPD Tingkat Kecamatan wajib searah dan menunjang Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati yang telah dituangkan dalam RPJMD Tahun 2021-2026. 

"Dimana Visi Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2021-2026 adalah “Terwujudnya Masyarakat Aru Yang Sejahtera, Mandiri, Adil dan Misi,” tandasnya lagi.

Dirinya juga menjelaskan, Musrenbang pada tahun ini merupakan tahun ke-4 pelaksanaan RPJMD Kabupaten Kepulauan Aru Tahun 2021-2026.

“Untuk itu, kami selaku Bupati dan Wakil Bupati membutuhkan dukungan Bapak/Ibu sekalian dalam upaya bersama-sama membangun kabupaten yang kita cintai ini,” pintah Sogalrey 

Lanjut dia, mencermati beberapa isu strategis dan permasalahan yang masih menjadi kendala dan tantangan di Kabupaten kita ini, ada beberapa poin yang dapat dijadikan dasar dalam penentuan program dan kegiatan yakni; Kualitas pelayanan pendidikan dan kesehatan masih rendah, Kemiskinan masih tinggi, Pemanfaatan SDA belum optimal, Minimnya infrastruktur di daerah, Minimnya kapasitas Sumber Daya Aparatur, Tata kelola pemerintahan yang belum maksimal, lingkungan dan bencana alam belum dikelola dengan baik serta minimnya investasi daerah dan aktivitas ekonomi kemasyarakatan, pariwisata dan budaya.

Guna mewujudkan hasil pembangunan yang maksimal dalam mengatasi permasalahan pembangunan yang masih kita hadapi di daerah serta pencapaian target kinerja pemerintah daerah menurut bidang urusan pemerintahan daerah yang telah kita rancangkan bersama, perlu ditunjang dengan dengan pembiayaan pembiayaan pembangunan yang memadai.

"Untuk itu saya mengharapkan agar Perangkat Daerah yang memiliki tugas dan dalam fungsi meningkatkan Penerimaan Daerah melalui sumber Pendapatan Asli Daerah, agar terus melakukan upaya ekstensifikasi dan intensifikasi yang kreatif dan inovatif berdasarkan pada peraturan perundangan-undangan dan Kebijakan Pendapatan Daerah yang berlaku,” harap Sogalrey.

Reporter : Nus Yerusa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"