Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Jumat, 15 September 2023

Pemkab Bojonegoro Gelar Pelatihan Keterampilan Kejuruan, Buka Peluang Usaha Mandiri Warga

BOJONEGORO, SNN.com - Pemkab Bojonegoro melalui Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Kabupaten Bojonegoro menggelar pelatihan ketrampilan kerja kejuruan daur ulang sampah dan handycraft. Pembukaan pelatihan dilakukan di Pendopo Kecamatan Kapas, Kamis (14/9/2023).

Kepala Disperinaker Bojonegoro, Welly Fitrama mengatakan peningkatan keterampilan kerja ini diharapkan dapat membangun ekonomi masyarakat melalui usaha-usaha produktif. Yakni dengan memanfaatkan potensi sumber daya alam lokal.

“Sehubungan dengan hal tersebut dan sejalan dengan kebijakan Ibu Bupati Anna, Disperinaker melaksanakan pelatihan keterampilan kerja bagi buruh pabrik rokok musiman, yaitu pelatihan daur ulang sampah dan handycraft,” jelasnya.

Lebih lanjut, dia menjelaskan pelatihan ini bertujuan meningkatkan keterampilan dan kompetensi kerja bagi buruh pabrik rokok. Selain itu juga menciptakan perluasan kesempatan kerja dan kesempatan berusaha/usaha mandiri. Sekaligus sebagai bentuk antisipasi bagi buruh pabrik rokok jika sudah tidak bekerja.
“Peserta pelatihan adalah buruh pabrik rokok musiman dari PR. Sidomulyo KM sejumlah 20 orang dan juga buruh pabrik rokok dari MPS Unit SKT Kapas sejumlah 20 orang,” imbuhnya.

Pelatihan dilaksanakan selama 6 hari dimulai hari ini Kamis (14/9/2023) hingga Selasa (19/9/2023) yang berlokasi di PR. Sidomulyo KM Desa Sembung untuk pelatihan daur ulang sampah. Sedang pelatihan kejuruan handycraft di MPS Unit SKT Kapas.

“Untuk instruktur pelatihan daur ulang sampah diantaranya Sri Utami dan Nofi Eka. Keduanya berasal dari Lembaga Pelatihan Andre. Sementara instruktur pelatihan handycraft diantaranya Siti Nur Hidayah dan Meirina Suminartyaningsih. Keduanya berasal dari Lembaga Pelatihan Zahira,” pungkasnya. [ai/nn]

Reporter : Muri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"