Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Jumat, 13 Mei 2022

Bersihkan Tumpukan Sampah Yang Sumbat Aliran Air, Pemerintah Kabupaten Bojonegoro Tangani Banjir Kota


Bojonegoro, SNN.com - Pemkab Bojonegoro terus mengupayakan langkah penanganan banjir yang sempat terjadi di beberapa titik jalan di Kota Bojonegoro beberapa waktu lalu. Salah satunya dengan pembersihan sampah. Karena sampah menjadi salah satu penyebab genangan saat hujan deras terjadi.

saat di konfirmasi Kamis, ( 12/5/2022 ) Menurut Kepala Bidang ( Kabid ) Sarana Prasarana dan Utilitas Umum ( PSU ) Dinas PKP Cipta Karya Kabupaten Bojonegoro, Iwan Maulana, dari data lapangan yang di kumpulkan, jika tidak ada yang salah dalam perencanaan pembangunan drainase di Bojonegoro. 

"Masalah genangan air di jalan protokol itu, karena banyaknya sampah yang ada di kali avour di Kelurahan Ledok Wetan sebagai muara akhir aliran air," bebernya.

Adanya genangan air saat hujan langsung ditindak lanjuti oleh tim Dinas PKP dengan membersihkan tumpukan sampah rumah tangga yang mengakibatkan aliran air dari drainase kota tidak lancar. Caranya dengan mengeruknya dan membuang di tempat semestinya. 

" Insya Allah, setelah ini tidak akan ada genangan air lagi. Sepanjang masyarakat sadar membuang sampah bukan di kali karena menjadi muara akhir," pungkasnya. 

Menanggapi hal itu, Dinas Lingkungan Hidup ( DLH ), Hanafi, menegaskan, akan bekerja sama dengan Dinas Pekerjaan Umum ( DPU ) Sumber Daya AIR ( SDA ) menangani masalah sampah yang menumpuk di kali avour. mengingat semua yang  berada di dalam sungai bukan kewenangan DLH  namun demikian jika sampah itu sudah di naikkan ke tanggul Dinas Lingkungan Hidup siap mengangkutnya
" Kita sudah menghimbau masyarakat membuang sampah di tempatnya. Apalagi di wilayah ledok etan sudah terdapat bak dan pembuangan sementara untuk sampah," tandasnya. ( AGUS ).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"